oleh

1 Tangki Air PDAM Siap Suplai Kebutuhan Air Bersih di Posko Pengungsian Bencana Banjir Bandang Sentani

Sentani Kawattimur- Satu armada tangki air milik Perusahaan Air Minum, (PDAM) Jayapura saat ini telah siap mendistribusikan kebutuhan air bersih bagi warga pengungsi yang tersebar dibeberapa posko pengungsian.

Terwujudnya itu,tak lain atas kerjasama Pemerintah Kabupaten Jayapura dengan PDAM Jayapura melalui dinas pekerjaan umum Kabupaten Jayapura.

Direktur PDAM Jayapura, Entis Sutisna saat dikonfirmasi melalui teleponnya mengatakan, pendistribusian air bersih dengan menggunakan tangki air itu dilakukan karena saat ini pelayanan air bersih di Sentani dan sekitarnya mati total menyusul hancurnya intik (sumber air) yang berada di Pos 7 Sentani.

“ Pendistribusian yang dilakukan saat ini juga masih sebatas kepada posko-posko pengungsian yang terjangkau. Selain itu,PDAM juga telah menyediakan 25 fiber atau tandon dengan kapasitas air berjumlah 1.100 liter untuk digunakan kepada warga pengungsi dan itu bersifat jangka pendek ,” ucapnya, Selasa tanggal 19 Maret 2019.

Sedangkan untuk jangka panjangnya, saat ini tim dari balai wilayah sungai dan cipta karya sedang mencari alternatif pembangunan sumber air ( intik) yang dijadikan pendistribusian air dalam melayani masyarakat Sentani. Dan untuk waktunya pembangunan intik itu tidak bisa diprediksi penyelesaian mengingat dibangun secara baru.
Ia juga menjelaskan, sekarang ini tim dari pusat telah tiba di Sentani untuk melalukan supervisi kebutuhan-kebutuhan apa saja yang diperlukan oleh PDAM Jayapura guna diusulkan kepada Pemerintah Pusat,” jelasnya.

Mobil Tangki Air Diperbolehkan Ambil Air Gratis di TMP Padang Bulan

Entis Sutisna mempersilahkan bagi tangki air yang ingin menyuplai air bersih bagi pengungsian di Sentani yang tersebar disejumlah Posko bisa mengambil air disumber air yang berada di Padang Bulan,TMP secara gratis.

“ Mobil seperti,pemadam kebakaran dan mobil tangki air lainnya juga bisa mengambil air secara gratis di Sumber air di TMP, Padang Bulan asalkan air yang diambil didistribusikan kepada warga pengungsian di Posko,” katanya ketika ditelepon, Selasa tanggal 19 Maret 2019.

Ia mengatakan,bila memang ada mobil tangki bersedia menyuplai air bersih bagi warga pengungsian banjir Bandang di Sentani maka lebih dulu didaftarkan dulu kepada PDAM Jayapura lalu bisa mengambil air disumber air secara gratis di TMP, Padang Bulan.

“Jadi bagi mobil tangki air yang ingin membantu warga pengungsian atau menyuplai air bersih maka saya pastikan air yang diambil di TMP Padang Bulan tidak dipungut biayai atau gratis,” katanya.(tom)

Bagikan :

News Feed