oleh

Bupati : Puskesmas Akan Dipindahkan Jika Tidak Dimanfaatkan Warga

Wamena Kawat Timur, – Bupati Kabupaten Jayawijaya, Jhon Richard Banua memastikan akan memindahkan Puskesmas Silo Sukarno Doga jika tidak dimanfaatkan keberadaannya di Distrik itu.

Hal itu diungkapkan, Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua, SE.M.Si saat melakukan kunjungan kerja bersama Wakil Bupati Jayawijaya, Marthin Yogobi, SH.M.Hum ke Distrik Silo Sukarno Doga.
Menurutnya, selama kunjungannya ke Distrik Silo Sukarno Doga, masyarakat banak mengusulkan untuk dibangun Puskesmas, namun saat Bangunan Puskesmas sudah berdiri di Distrik Silo Sukarno Doga, masyarakat tidak memanfaatkannya sebagai tempat pelayanan kesehatan.

“Kalau memang masyarakat di Distrk Silo tidak membutuhkan Puskesmas, saya ppikir ada distrik lain yang membutuhkan,s sehingga nantinya akan dipindahkan ke Distrik yang membutuhkan pelayanan kesehatan,” ungkap Bupati Banua.

Menurut Bupati, Pemerintah Kabupaten Jayawijaya telah berusaha untuk mendaftarkan Puskesmas Silo Sukarno Doga ke Kementerian Kesehatan, agar diakui keberadaannya, sehingga masyarakat diharapkan dapat memberikan dukungan penuh dengan memanfaatkan keberadaan Puskesmas Silo Sukarno Doga.

Dirinya berharap, untuk meningkatkan pemanfaatan Puskesmas Silo Sukarno Doga, sangat penting peran kepala disrtik dan kepala Kampung untuk memberikan arahan dan sosialisasi kepada warga msyarakat yang ada di Kampung-kampung, terutama melalui kegiatan munisasi dan posyaandu.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Silo Sukarno Doga, Agustina Kurisi membenarkan kejadian yang terjadi di pelayanan Puskesmas Silo Sukarno Doga.

Menurutnya, selama ini memang belum ada kesadaran masyarakat yang ada di Distrik Silo Sukarno doga untuk memanfaatkan gedung Puskesmas sebagai tempat pelayanan kesehatan.
Menurut Agustina, untuk menganstisipasi agar hal ini yang terus terulang, dirinya telah membuat surat undangan kepada kepala Distrik dan Kampung serta tokoh-tokoh penting yang ada di Distrik Silo Sukarno Doga guna membahas kendala dan permasalahan yang terjadi.

“Keberadaannya juga berada ditengah sekali, dan letak Bangunan Puskesmas memang berjauhan dari rumah warga masyarakat,” ungkap Agustina.

Selain itu, kendala yang sering dihadapi oleh layanan Puskesmas ialah, adanya informasi tidak benar yang sengaja dikembangkan oleh oknum tidak bertanggungjawab, yang berdampak kepada kunjungan pasien ke Puskesmas Silo Sukarno Doga.(NP)

banner
Bagikan :

News Feed