oleh

KPU Mamteng Jadwalkan Deklarasi Kampanye Rapat Umum Terbuka 1 April

JAYAPURA, Kawattimur – Pelaksanaan Deklarasi Kampanye Rapat Umum Terbuka Pemilu serentak tahun 2019 di agendakan 1 April mendatang. Jadwal itu sebagaimana hasil rapat koordinasi KPU Mamberamo tengah dengan perwakilan Parpol, Selasa (26/3/2019).

“Jadi hari ini kita gelar koordinasi untuk deklarasi rapat umum terbuka, memang ini agak terlambat, tapi parpol dapat memahami kesibukan KPU Provinsi selaku KPU Mamberamo Tengah,” kata Tarwinto, Anggota KPU Papua.

Tarwinto yang di dampingi dua anggota komisioner lainnya, Diana Simbiak dan Fransiskus Antonius Letsoin saat rapat tersebut mengatakan untuk jadwal Rapat Umum terbuka di Kabupaten Mamberamo Tengah secara resmi dimulai sejak 2 April. Menurut Tarwinto, memang jadwal tersebut di mundurkan, namun KPU akan padatkan jadwalnya.

“Jadi memang waktu terbatas, sehingga kita padatkan. Tadi KPU juga sudah koordinasi lokasi-lokasi tempat kumpul massa (bakar baru,red) sehingga jika lokasi tersebut memungkinkan, bisa saja untuk satu distrik terdapat tiga lokasi kampanye,” kata Tarwinto menambahkan dengan demikian setiap parpol memiliki kesempatan sama untuk menyampaikan visi misi maupun dukungan capres-cawapres dalam rapat umum terbuka.

Tarwinto mengatakan untuk agenda rapat umum terbuka ini tidak diwajibkan bagi setiap parpol untuk melaksanakan. Sebab, semua itu tergantung dari kekuatan parpol itu sendiri, asalkan sesuai jadwal KPU. “Jadi rapat umum terbuka ini tidak wajib, KPU lah yang berkewajiban memberi jadwal dan pengaturan yang sama,” katanya.

Sementara Sekretaris KPU Mamberamo Tengah, Atias Karoba mengatakan prinsipnya KPU tetap mengikuti jadwal dan tahapan sebagaimana aturan yang ditetapkan

Terlepas dari agenda Rapat umum terbuka, menurut Atias, saat ini tahapan yang sedang berjalan di Mamberamo Tengah adalah persiapan penyelenggara baik komisioner KPU Mamberamo yang sementara ini masih di godok KPU Pusat, serta persiapan penyelenggara tingkat bawah.

“Jadi saat ini memang untuk Komisioner KPU Mamteng masih di tangani oleh KPU Papua, tapi kita di sekretariat juga menjalankan tahapan yang berjalan sesuai jadwal yang ada, sambil menunggu pelantikan 5 komisoner KPU,” katanya.

Intinya kata Sekretaris KPU dengan keterbatasan yang dialami, pihaknya tetap menjalankan proses pelaksanaan Pemilu Serentak dengan baik. Bahkan pemerintah daerah juga telah menyediakan kantor sementara bagi sekretariat KPU untuk menjalankan aktifitas kantor dan tahapan pemilu. (TA)

banner
Bagikan :

News Feed