oleh

Bupati Minta Warga Tidak Menempati Lereng Gunung Dan Aliran Sungai

Bupati Salurkan Bantuan Pada Warga Dua Daerah Berdampak Bencana

Wamena (KT) – Bupati Kabupaten Jayawijaya, Jhon Richard Banua, SE.M.Si, Jumat (12/4/2019) melakukan kunjungan kerja ke Distrik Bugi dan Distrik Wollo guna menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada warga masyarakat yang terkena dampak bencana longsor.

Kunjungan kerja yang dilakukan Bupati Jayawijaya, didampingi langsung Oleh Ketua PKK Kabupaten Jayawijaya, Ny. Yustina Banua, SE.M.Si serta beberapa kepala OPD terkait.

Bupati Kabupaten Jayawijaya

Bupati Kabupaten Jayawijaya, Jhon Richard Banua, SE.M.Si, usai penyaluran bantuan itu mengungkapkan, bencana longsor yang terjadi di Wilayah Bugi dan Wollo sudah terjadi sejak tiga hari yang lalu.

Menurutnya, setelah dirinya mendapatkan laporan langsung dari Kepala Distrik Bugi, maka upaya yang dilakukan ialah dengan memanggil dinas terkait dalam hal ini BPBD Kabupaten Jayawijaya untuk menyiapkan logistik guna diantar langsung ke masyarakat.

“Kita lihat lokasi ini cukup rawan, dan kita tidak mau terjadi longsor yang lebih besar lagi,” ungkap Bupati Banua.
Untuk hal ini, sebagai Bupati Kabupaten Jayawijaya, dirinya beraharap kepada masyarakat yang saat ini berdomisili di pinggiran lereng gunung dan pinggiran sungai untuk dapat segera pindah ketempat yang lebih aman.

Dijelaskan Bupati, dari laporan yang diterima, sebanyak 190 warga yang telah mengungsi ke tempat yang lebih aman dan untuk kerusakan yang dialami, jelas Bupati Banua bahwa kerusakan rumah warga sama sekali tidak ada begitu juga dengan korban jiwa, namun yang rusak ialah perkebunan masyarakat yang sudah tertimbun material yang longsor.

Kata Bupati, dari data yang dikumpulkan pemerintah, ada dua lokasi yang terkena bencana longsor, diantaranya di Distrik Bugi dan Distrik Wollo.

Dikatakan, bantuan yang disalurkan pemerintah Kabupate Jayawijaya berupa bahan makanan berupa minyak goreng, Garam dan Vetsin, Supermi, Beras.

Selain menyalurkan bantuan bagi warga masyarakat yang ada di Distrik Bugi Kabupaten Jayawijaya, Bupati bersama Ibu berkesempatan menyalurkan bantuan yang sama kepada warga Distrik Wollo Kabupaten Jayawijaya yang terdampak bencana longsor.

Sementara itu, Kepala Distrik Bugi, Yosias Togodly menyampaikan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Jayawijaya yang sudah peduli dan langsung turun memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana longsor.

Jelas Yosias, kampung yang terkena bencana longsor ialah kampung Kodlangga Distrik Bugi Kabupaten Jayawijaya.
Kata Kepala Distrik Bugi, untuk mengantisipasi jangan sampai bencana yang sama terjadi, dirinya sudah meminta kepala desa setempat agar segera memindahkan 10 kepala keluarga yang ada di Lereng gunung dan aliran sungai ke temat yang lebih aman dan layak.(NP)

banner
Bagikan :

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed