oleh

Pemda Serahkan Sertifikat Tanah Program PTSL

Wamena (KT) – Bupati Kabupaten Jayawijaya, Jhon Richard Banua, SE.M.Si, Senin (15/4/2019) menyerahkan sertifikat kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Jayawijaya melalui program Pensertipikatan Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Penyerahan sertifikat tanah kepada masyarakat dilakukan Bupati Kabupaten Jayawijaya di ruang rapat kantor Bupati Jayawijaya yang dihadiri oleh Kepala Pertanahan Kantor Jayawijaya.

Usai kegiatan penyerahan Sertifikat tanah itu, Bupati Banua menjelaskan, sertifikat tanah program PTSL merupakan program pemerintah Pusat yang diprakarsai oleh Bapak Presiden Indonesia.
Penyerahannya sendiri, Jelas Bupati Banua, akan diserahkan dan diterima oleh masyarakat yang ada di Distrik Wamena Kota dan Distrik Hubikiak Kabupaten Jayawijaya.

“Kami harus berikan apresiasi kepada Bapak Presiden karena punya program ini untuk bantu masyarakat yang ada di Jayawijaya dan untuk wamena kami serahkan sebanyak 300an lebih,” ungkap Bupati Banua.
Selaku Bupati Jayawijaya, dirinya berharap kepada masyarakat untuk menggunakan sertifikat tanah dengan sebaik-baiknya untuk keperluan kepemilikan hak tanah, jangan dijadikan barang gadaian atau sampai dijual.
“Ini dengan ada sertifikat tanah, tentunya mereka akan mendapatkan ijin membangun rumah,” kata Bupati Jayawijaya.

Menurut Bupati, dari 40 Distrik yang ada di Kabupaten Jayawijaya, hanya warga distrik Napua yang miliki kesadaran untuk mengurus Sertifikat tanah, karena dari laporan yang diterima, sebanyak 1000 warga yang sudah mengurus sertifikat tanah.

Sementara itu, Kepala Seksi Bidang Hukum Pertanahan Kantor Pertanahan Wamena, Niko Mandowen menjelaskan, penyerahan sertifikat tanah yang sudah dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Jayawijaya diberikan kepada 157 Serifikat tanah.

Menurut Niko, dalam mengurus sertifikat tanah melalui Program PTSL, masayarakat diberikan kemudahan untuk mengurusnya dengan membawa KTP, Pelepasan Hak Tanah dan Kartu Keluarga, dan dalam pegurusannya tidak dikenakan biaya.

Dijelaskan, untuk tahun 2019, jatah yang diberikan oleh Presiden kepada kantor pertanahan di Jayawijaya sebanyak 1550 sertifikat yang tersebar di beberapa wilayah yang ada di Pegunungan tengah Papua.(NP)

banner
Bagikan :

News Feed