oleh

Medan Yang Sangat Sulit, Ini Gambaran Pendistribusian Logistik Pemilu di Papua

JAYAPURA (KT) – Pendistribusian logistik Pemilu 2019 telah di lakukan KPU se Papua sejak Senin (15/3/2019) pagi. Hingga saat ini, proses pendistribusian masih terus dilakukan, dimana KPU setiap daerah memprioritaskan pendistribusian di lokasi terjauh dengan kondisi geografis yang rumit.

Sebut saja di Distrik Putuaipuru Kabupaten Mimika. Diatribusi di lakukan dari Gudang KPU menuju pelabuhan Pomako. Semua Logistik di hantar dengan Speedboat ke Distrik yang lokasinya berbatasan dengan Kabupaten Fakfak, Papua Barat.

“Jadi logistik di angkut lewat jalur laut di droping ke Kantor Distrik Putuaipuru selanjutnya besok semua logistik ini di pikul ke tiap TPS yang ada di sana,”kata Ketua KPU Papua, Theodorus Kossay, Selasa (16/4/2019) siang di Kantornya.

Ia mencontohkan juga pendistribusian logistik di Kabupaten Waropen, dimana ada 2 distrik yang logistiknya di droping melalui jalur laut di bawa ke Kabupaten Nabire dan selanjutnya menggunakan helikopter ke Distrik Walay.

“Jadi dari gudang KPU ke Pelabuhan menggunakan jalur laut di bawa ke Nabire pake Helikopter hingga ke Distrik Walai. Diatrik ini berada di perbatasan antara Waropen dengan Puncak. Nanti pendistribusian ke TPS di pikul,” ungkap Kossay.

Demikian juga di Kabupaten Mappi, Asmat, dan beberapa wilayah di Pegunungan Papua, kata Kossay, tingkat geografis dan medan yang sulit tidak mematahkan semangat penyelenggara Pemilu untuk melakukan tugasnya mendistribusikan semua surat suara ke tiap-tiap TPS agar semua masyarakat bisa memberikan hak suaranya 17 April.

“Untuk jumlah riil pendistribusian hingga saat ini berubah-ubah karena kita masih dalam proses droping, jadi nanti sebentar malam kita akan tau sudah sejauh mana logistik ini di distrbusikan untuk semua kabupaten/kota di Papua. (TA)

banner
Bagikan :

News Feed