oleh

Bawaslu Pastikan PSU Dilakukan Pada 12 TPS

Wamena (KT) – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jayawijaya, Fredy Wamo memastikan, pelaksanaan Pemumungutan Suara Ulang akan dilakukan pada 12 TPS yang ada di Wilayah Kota Wamena Kabupaten Jayawijaya.

Menurut Ketua Bawaslu, yang mengeluarkan rekomendasi PSU untuk 12 TPS ini ialah Panwas Distrik Wamena Kota, dan tugas Bawaslu hanya melakukan pendampingan saja.

“Hasil 12 ini yang ditemukan dan dilaporkan oleh warga masyarakat pemilik hak suara jad ada 12, awalnya yang kami dapati hanya TPS 32 di sinakma dan tertukarnya logistik pada TPS 49 dan 51,” ungkap Ketua Bawaslu Kabupaten Jayawijaya.

Diakui, seiring berjalannya waktu, ternyata teman-teman panwas distrik mendapati banyak keluhan dan laporan, sehingga ditindaklanjuti dengan mengeluarkan rekomendasi dan juga dilakukan Klarifikasi terkati pelanggaran administrasi yang ditindaklanjut dengan PSU dan pelanggran pidana Pemilu.

Menurut Ketua Bawaslu, laporan dan keluahan yang dilaporkan oleh warga pemilik hak suara sangat bervariasi, diantaranya tertukarnya TP, terkait honor dan juga logostik yang dibawa lari.

Terkait surat suara yang sudah didistribusi pada 12 TPS yang akan melakukan PSU, jelas Ketua Bawaslu, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak KPU dan aparat kepolisian untuk segera mungkin dapat menarik logistik awal yang ada di 12 TPS.(NP)

Bagikan :

News Feed