oleh

Pemkab Jayapura Bakal Evaluasi Tata Ruang Pemukiman Warga Yang Masih Berdiri Di Aliran Air

Sentani, ( KT)- Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw,SE,M.Si mengatakan, akan segera melakukan evaluasi tata ruang pemukiman rumah penduduk yang saat ini masih berada dipinggir aliran air.

“ Evaluasi terhadap pemukiman rumah warga dialiran air akan dilakukan dan itu berbasis mitigasi bencana sebab itu sudah intruksi dari Pemerintah Pusat terlebih pasca banjir bandang telah banyak memakan korban baik jiwa, harta dan nyawa,” katanya kepada wartawan usai rapat koordinasi dengan BNPB Pusat di Kantor Bupati Jayapura, Selasa (23/4/2019) siang.

Bupati evaluasi penting dilakukan guna menghindarinya terjadinya bencana dikemudian hari.

Memang tidak mudah dilakukan tetapi kita akan kumpulkan warga yang berada dialiran air. Tujuan agar mereka bisa merencanakan tata ruang dalam hal ini pemukiman yang lebih baik.

“ Tata ruang telah dievaluasi sekaligus diperbaharui dengan Perda yang telah berlaku tentunya yang mengatur didalamnya kawasan penyangga sehingga kedepan bisa terhindar bencana banjir bandang dikemudian hari lagi apalagi sesuai informasi bencana seperti itu akan sewaktu-waktu akan datang sehingga wajib menyesuaikan dengan evaluasi pemukimannya. Jika ada yang tak mau melakukannya, maka bisa dikatakan bahwa, bersangkutan tak cocok tinggal didaerah ini,” ujarnya. (TOM).

Bagikan :

News Feed