oleh

Peringati Hardiknas, Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura Gelar LCC Tingkat SD dan SMP

Sentani,(KT)- Untuk memperingati hari pendidikan nasional,( Hardiknas) setiap tanggal 2 Mei mendatang maka,Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura menggelar lomba cerdas cermat,( LCC) jenjang SD/MI dan SMP/Mts tingkat Kabupaten Jayapura tahun 2019 yang dilaksanakan diaula lantai III Kantor Bupati Jayapura, Senin tanggal 29 April2019.
Kepala dinas pendidikan Kabupaten Jayapura, Alpius Toam, ST, M.MT kepada wartawan mengatakan, LCC tersebu diikuti SD dan SMP diseluruh Kabupaten Jayapura. Dimana,untuk SD/Mi terdaftar sebanyak 23 regu dengan jumlah 69 siswa sedangkan tingkat SMP/Mts berjumlah 69 siswa,” katanya.
Selain LCC, Kami juga akan menyelenggarakan pameran pendidikan di Kabupaten Jayapura dan itu akan berlokasi dilapangan Kantor Bupati Jayapura.” Khusus dalam peringatan Hardiknas kami telah menggelar sejumlah kegiatan seperti, O2SN, LCC dan puncak kegiatan akan jatuh kepada pameran pendidikan yang dijadwalkan berlangsung selama tiga hari,” ujarnya.
Menurut, Alpius melalui LCC akan dijadikan sebagai bahan evaluasi terhadap penyelenggaran pendidikan dalam arti, apakah kualitas atau mutu pendidikan di Kabupaten Jayapura merata atau tidak ?. Apalagi standar soal LCC yang digunakan bertaraf dinas pendidikan Provinsi dan Nasional. Tujuannya agar kita bisa mengukur persaingan anak didik kita diwaktu yang akan datang sekaligus pemerataan mutu pendidikan di Kabupaten Jayapura khususnya ditingkat SD dan SMP .
“ Melalui LCC itu akan diketahui sejumlah program dan kebijakan pendidikan di Kabupaten Jayapura yang berhasil dilapangan dan bila berhasil sudah sejauhmana itu pemerataan dari kota sampai daerah terpencil ,” ucapnya.
Sementara itu,Ketua Panitia LCC Tingkat SD dan SMP, Slamet Priyadi mengungkapkan, LCC bertujuan mampu menumbuhkembangkan kreativitas dan motivasi baik prestasi dalam kompetisi yang sehat, objektif dan subyektif dalam meningkat dibidang sains dan bidang umum.
“ LCC yang dilaksanakan ditingkat umur 9 tahun dalam hal ini SD/Mi bisa dilakukan,untuk menyeleksi siswa yang memiliki bidang sains dan bidang umum,” ungkapnya.
Slamet menambahkan, terlaksananya LCC itu juga sesuai dengan peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang kesetaraan pendidikan nasional dan peraturan Menteri dinas pendidikan RI No.39 tahun 2008 tentang pembinaan kesiswaan,” tambahnya.(TOM)

Bagikan :

News Feed