oleh

Menteri Kominfo Kunjungi Jayawijaya Pantau Pembangunan Palapa Ring

Wamena (KT) – Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara melakukan kunjungan kerjanya ke Kabupaten Jayawijaya, Selasa (30/4/2019).

Kunjugannya ke Kabupaten Jayawijaya guna memantau langsung proses pekerjaan pembangunan Palapa Ring Wilayah Timur yang ada di Wilayah Kabupaten Jayawijaya.

Dalam kunjungan itu, Menteri Kominfo disambut langung oleh Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Jayawijaya di ruang VIP Bandar Udara Wamena sebelum melakukan kunjungan dan memantau pembangunan Palapa Ring menggunakan pesawat jenis Helikopter.

Kepada Wartawan usai melakukan kunjungan dan memanau langsung pembangunan Palapa Ring Wilayah Timur, Menteri Kominfo memastikan bahwa pekerjaan dan pembangunannya sudah mencapai 96 persen.
“Progres pembangunan konstruksi palapa ring wilayah timur Indonesia secara keseluruhan sudah mencapai 96 persen,” ungkap Rudiantara .

Dijelaskan, pembangunan palapa ring timur dibagi dua, yang meliputi wilayah NTT, Maluku, Papua Barat, dan Wilayah Provinsi Papua sendiri dan untuk NTT, Maluku, Papua Barat itu boleh dikatakan sudah selesai 100 persen, sedangkan untuk wilayah Papua sudahmencapai 96 persen.

Diakui, daam pembangunan di Wilayah Papua tentunya membutuhkan resiko dan memiliki tantangan berbeda terutama alamnya yang sagat sulit karena terdiri dari pegunungan.

Namun hal itu tidak mematahkan semangat negara dalam memberikan yang terbaik kepada seluruh masyarakat Indonesia terutama masyarakat yang ada di Papua dan pegunungan tengah.

“Di Papua kita lihat ada 52 titik yang harus menggunakan maicrowafe dan itu di bukit-bukit, jadi kita terbang juga kadang-kadang bisa mendarat, kadang tidak. Tadi juga ada cerita bahwa galon pun harus dibawa untuk membangun di atas bukit karena di atas bukit tidak ada air,” ungkap Menteri Kominfo.

Dirinya menjanjkan, pada pelaksanaan 17 Agustus 2019 ini, masyarakat sudah bisa meninkmati dan manfaat pembangunan Palapa ring dengan jalan menggunakan jaringan internet.

Diakhir wawancaranya, Menteri Kominfo menyampaikan terimakasih kepada pemerintah daerah dan masyarakat Jayawijaya yang telah mendukung program pembangunan di Wilayah Kabupaten Jayawijaya.(NP)

Bagikan :

News Feed