oleh

Caleg Hanura Klaim, Sejumlah Distrik Belum Lakukan Pleno

Wamena (KT) – Calon Legislatif Provinsi Papua asal Partai Hanura, Ronny Elopere, S.IP. M.KP mengklaim, sejumlah PPD Distrik belum melakukan Pleno Distrik.

Hal itu disampaikan, saat menggelar aksi damai di depan luar Pagar Kantor DPRD Jayawijaya.  Diakui, Pleno Distrik belum dilakukan beberapa Distrik yang ada di Jayawijaya salah satunya ialah Distrik Pelebaga.

“Kami di sana tidak melakukan Pleno Distrik yang tentunya harus Pleno distrik dulu baru masuk ke Kabupaten. Ini belum Pleno distrik tapi sudah diplenokan tingkat Kabupaten,” ungkap Ronny.

Ditegaskan, hampir semua distrik yang ada di Kabupaten Jayawijaya tidak melakukan Pleno, terutama terutama suara Provinsi serta suara lainnya tidak pernah melakukan Pleno dan juga tidak pernah melakukan pemilihan.

“Kotak Suara Provinsi, Pusat sampai Presiden tidak pernah melakukan pemilihan, tapi kenapa ini dipaksa melakukan Pleno,”ungkap Ronny.

Menurutnya, kotak syarat suara yang ditinggalkan di Distrik Pelebaga sudah disaksikan langsung oleh pihak kepolisian yang PAM keamanan di Distrik Pelebaga.  Dirinya juga menilai, adanya kecurangan karena tidak dilakukannya Pleno Distrik Pelebaga.

Kata Ronny, hal ini sudah didiskusikan dengan Komisioner Bawaslu, dan Bawaslu menjanjikan akan memfasilitasi permasalahan ini, namun hingga siang saat melakukan Aksi, belum ada upaya fasilitasi yang dilakukan oleh Bawaslu Jayawijaya.  Dirinya mengklaim, ada Pelni Kabupaten Distrik Pelebaga, telah berindikasi terhadap adanya kepentingan Oknum-oknum tertentu.  Sementara Itu, Kabag OPS Polres Jayawijaya, RL Tahapari, mengungkapkan, Untuk mengamankan Pleno tingkat Kabupaten, Personil di disiagakan sebanyak 415 personil yang terbagi di Gedung DPRD, Kantor Bawaslu dan KPU Jayawijaya.

Terkait aksi Demo Damai di depan Gedung DPRD Jayawijaya, Dirinya mewakili Kapolres Jayawijaya hanya memberikan himbauan untuk menjaga situasi Kamtibmas di Kabupaten Jayawijaya.  Saat berita ini diturunkan, belum ada keterangan Resmi dari Bawaslu Kabupaten Jayawijaya dan KPU Jayawijaya.

Karena pada saat yang sama, Bawaslu dan KPU Jayawijaya sedang Melaksanakan Kegiatan Pleno Rekapitulasi perhitungan Suara tingkat Kabupaten Jayawijaya di Gedung DPRD Kabupaten Jayawijaya.(Ema)

Bagikan :

News Feed