oleh

Pencaker Di Dukcapil Membludak Urus Kartu Keluarga Dan KTP

Wamena (KT)– Kantor Dinas Catatan Sipil Dan Kependudukan (Dukcapil) Kabupaten Jayawijaya dibanjiri ratusan pencari kerja.

Kedatangan mereka ke Dukcapil Kabupaten Jayawijaya guna mengurus Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Plt. Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Jayawijaya, Kannoria Siagian mengakui terjadi lonjakan aktifitas warga pencari kerja di Dukcapil Kabupaten Jayawijaya dengan tujuan mengurus kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga.
“Kalau unntuk jumlah saya belum bisa katakan, tai memang membludak memang masyarakat yang datang urus KTP,” ungkap Kannoria.

Dijelaskan, membludaknya warga masyarakat khususnya para pencari kerja untuk mengurus KK dan KTP dikarenakan adanya penerimaan CPNS untuk seluruh Wilayah Papua termasuk Kabupaten Jayawijaya.

Selain KTP dan KK, warga masyarakat yang datang ke Dukcapil Jayawijaya bertujuan mengurus Surat Keterangan Pindah dan Akte Kelahiran dan legalisir.

Menurutnya, masyarakat yang datang mengurus surat-surat di Kantor Dukcapil Jayawijaya tidak hanya warga asli Jayawijaya, namun ada juga warga dari daerah lain yang ingin mengadu nasibnya di Kabupaten Jayawijaya.
Dari pengamatannya, hampir semua yang datang untuk mengurus KTP dan KK adalah mereka yang benar-benar sebagai Pencari kerja (Pencaker) di Jayawijaya.

“Setiap kali kami layani dan kami tidak akan mempersulit warga yang ingin datang mengurus KK dan KTP,” ungkap Plt. Kepala Dinas Dukcapil.

Untuk legaisir KK, KTP, serta katu berharga lainnya dari Kabupaten lain, Kannoria memstikan, Kabupaten Jayawijaya tidak bisa melayani leglisir kartu dari Kabupaten Lain, karena yang dilayani untuk dilegalisir adalah mereka yang benar-benar memiliki KTP Jayawijaya. (NP)

Bagikan :

News Feed