oleh

Investigasi Tindak Pidana Pemilu, Bawaslu Kota Jayapura Panggil PPD Distrik Heram, Abepura dan Japsel

JAYAPURA (KT) – Terkait dugaan perubahan hasil perolehan suara Pemilu di Distrik Heram, Bawaslu Kota Jayapura tengah minta keterangan dari beberapa anggota panitia pemilihan distrik (PPD) di Kota Jayapura.

Informasi yang diterima Kawattimur, Jumat (10/5/2019) sejumlah anggota PPD dari Distrik Abepura, Jayapura Selatan dan Heram telah di kirimkan undangan oleh Bawaslu Kota Jayapura, untuk menemui tim investigasi terkait laporan adanya temuan dan laporan dugaan tindak pidana Pemilu.

Adapun undangan yang tersebut di tujukan kepada Ketua PPD distrik Japsel, Anggota PPD dengan jadwal permintaan keterangan pukul 09.00 WIT, 13.00 WIT dan 15.00 WIT tanggal 10 Mei, dan seorang anggota lagi di jadwalkan pada 11 Mei pukul 10.00 WIT. Sementara undangan Investigasi untuk Ketua dan 2 anggota PPD Distrik Abepura di jadwalkan pada 10 Mei pukul 10.00 WIT dan 13.00 WIT dan satu anggota lainnya pada 11 Mei pukul 10.00 WIT.

Demikian juga untuk Distrik Heram, dimana semua PPDnya juga di kirimkan undagan yang sama dengan jadwal permintaan klarifikasi pada 10 Mei untuk Ketua dan 3 Anggota PPD, dan satu anggota lainnya pada Sabtu 11 Mei.

Berdasarkan data yang sama juga, proses pemeriksaan terhadap para PPD di Distrik Abepura, Heram dan Jayapura Selatan sedang berlangsung, dimana terlihat Rinto Pakpahan, salah satu komisioner Bawaslu Kota Jayapura sedang meminta keterangan secara bergantian kepada anggota PPD tersebut.

Hingga berita ini di turunkan belum ada konfirmasi resmi dari Bawaslu Kota Jayapura. Komisioner Bawaslu Kota Jayapura, Rinto Pakpahan yang di konfirmasi kawattimur, Jumat (10/4/2019) petang belum memberikan jawaban.

Rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara pemilu 2019 tingkat distrik di Kota Jayapura digelar di Aston Hotel yang terletak di Jalan Percetakan, Distrik Jayapura Utara.

Pleno tersebut digelar sejak Rabu (1/2) dan hingga kini baru satu distrik dari lima distrik yang ada di Kota Jayapura yang telah merampungkan penghitungan suaranya, yakni Distrik Muara Tami.

Sebelumnya, Gakkumdu Kota Jayapura meminta keterangan kepada Ketua PPD Jayapura Utara Andi Nyompa karena dikabarkan menghilang dari rapat pleno di Aston Hotel. (TA)

Bagikan :

News Feed