oleh

Pemda Akan Tempatkan ASN Sebagai Kepala Kuburan

Wamena (KT) – Pemerintah Kabupaten Jayawijaya mulai Tahun 2019 ini akan menempatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) Sebagai Kepala Pengelolaan Kuburan Sinakma Wamena.

Hal itu disampaikan Sekda Kabupaten Jayawijaya, Yohanis Walilo, S.Sos.M.Si, Jumat (14/6/2019) di Kantor Bapeda Kabupaten Jayawijaya.

banner banner

Menurutnya, selama ini yang menjadi kepala Pengelolaan Kuburan di Sinakma bukanlah bersal dari ASN atau serang Pegawai, sehingga kedepannya dirinya akan menempatkan sorang Pegawai untuk menjadi Kepala Pengelolaan Kuburan Sinakma.

Diakui, selama itu juga belum adanya kontribusi yang besar bagi pemerintah Kabupaten Jayawijaya dari hasil Pengelolaan Kuburan Sinakma, padahal dalam satu Tahun pemerintah Kabupaten Jayawijaya menargetkan menerima 15 Juta sebagai PAD dari pegelolaan Kuburan Sinakma, namun hingga tahun 2019 ini tidak terrealisasi.

Terkat ongkos pekerjaan peggalian yang bervariasi, Sekda Menjelaskan bahwa, Pemerintah Kabupaten Jayawijaya telah menetapkan jumlah penggalian dan pekerjaan sebesar 2,5 juta perliang kubur.

“Kalau ada jumlah yang besar diluar dari penetapan pemerintah itu mungkin ada kesepakatan pihak keluarga dengan pekerja kuburan, namun pada intinya pemerintah telah menempatkan harga sebesar 2,5 juta,” kata Sekda Walilo.

Selain itu, Sekda Walilo juga mengakui, selama ini yang menngelola Kuburan Sinakma Wamena adalah Kepala Distrik Wamena Kota dan juga Lurah Sinakma, sehingga untuk dana pengelolaan menjadi tanggungjawab Distrik dan Keluarahan.

Terkait sudah penuhnya lahan Kuburan di Sinakma, Sekda Walilo menjelaskan bahwa, lahan kuburan yang ada di Sinakma masih cukup luas, karena lahan kosong yang telah dipagar dan tepat berada di Kuburan Muslim merupakan milik Pemerintah Kabupaten Jayawijaya dan sudah dibebaskan.

“Itu sudah menjadi lahan Pemda, karena kemarin kami anggarkan untuk membuat pagar, jadi itu sudah menjadi lahan Pemerintah,” jelas Sekda Walilo.(NP)

banner banner
Bagikan :

News Feed