oleh

Terbengkalai 9 Tahun, TNI Renovasi Fasilitas Air Bersih dan Toilet di Perbatasan RI-PNG

JAYAPURA (KT) – Memasuki tujuh bulan masa tugas di perbatasan RI -PNG, Satuan tugas pengamanan perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif Para Raider 328/DGH menciptakan sebuah pemukiman yang sehat dan bersih, tepatnya di kawasan Kampung Kibay Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom.

Penduduk di kampung ini sudah sembilan tahun mengalami kendala serius di bidang sanitasi dan fasilitas umum, seperti MKC, dan sarana air bersih. Kini, Satgas Pamtas telah merenovasinya dan mewujudkannya layak ditempati kembali.

Komandan Korem 172/PWY Kolonel Inf Jonathan Binsar P. Sianipar melalui Dan Satgas Pamtas 328/DGH Mayor Inf Erwin Iswari, Selasa (19/6/2019), menerangkan jika renovasi fasilitas MCK di kampung tersebut bermula dari permasalahan air bersih yang dikeluhkan oleh warga setempat, terlebih tersumbatnya selang air menuju MCK umum di kampung itu.

“Sejak tahun 2010 sudah tidak mengalir lagi air ke MCK sehingga warga tidak lagi menggunakan MCK itu dan beralih ke aliran sungai yang ada di dekat Kampung Kibay,” ujarnya, Selasa (19/6/2019).

Melihat permasalahan tersebut, kata dia, Personel Pos Kaliasin pun berinisiatif untuk merenovasi kembali MCK yang sudah terbengkalai selama sembilan tahun lamanya tak berfungsi.

Mayor Erwin menuturkan jika lokasi MCK itu berada di tengah Kampung Kibay. Karenanya, masyarakat tidak perlu jauh ke sungai untuk melakukan aktivitas MCK. Sementara itu, pengerjaan MCK sendiri membutuhkan waktu beberapa minggu selesai, dan dapat digunakan.

Renovasi meliputi perbaikan pipa penyaluran air ke MCK, pemasangan kran air, perbaikan pintu dan atap MCK serta dinding sehingga Kamar mandi umum tertutup. “Ini sesuai dengan visi kami untuk tetap manunggal dengan rakyat, karena rakyat adalah Ibu kandung dari TNI dan kapan pun rakyat membutuhkan bantuan TNI selalu hadir untuk membantu,” pungkas Erwin.

Sementara itu Bapak Charles Numbun selaku Kepala Kampung Kibay mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Personel Satgas di Kampungnya. “Saya selaku Kepala Kampung ucapkan terima kasih kepada TNI khususnya Satgas Pamtas sehingga kami dapat hidup lebih sehat dan bersih,” tuturnya. (Ara)

Bagikan :

News Feed