oleh

Terdengar Suara Tembakan di Area Jalan Tambang PT Freeport

TIMIKA (KT) – Sebanyak lima kali suara tembakan terdengar di Lowland area tambang Tembagapura Mile 45 oleh kelompok yang belum diketahui dari arah kali kopi sekitar pukul 04.55 WIT , Selasa (2/7/2019) namun tidak ada korban dalam peristiwa tersebut.

Dandim 1710 Mimika Letkol Inf Pio L Nainggolan mengatakan, pasca penembakan, pasukan gabungan TNI dan Polri melakukan penelusuran dan penyelidikan. Ditemukan bekas bivak tempat camp dan jejak kaki di kali kabur arah kali pembuangan PT Freeport.

“Sekitar 30 personel keamanan yang terlibat melakukan penyisiran untuk mengidentifikasi kejadian tersebut. Namun sampai saat ini belum dapat diketahui secara pasti tembakan tersebut dari kelompok mana,” ujarnya saat ditemui wartawan di Koramil 1710-2 Mimika, Selasa (2/7/2019).

Kendati demikian, dikatakan, suara tembakan yang berasal dari senjata laras panjang itu diduga oleh kelompok yang berada di wilayah Lowland Kali Kopi wilayah dataran rendah Tembagapura.

“Dugaan sementara oleh kelompok yang berada di Lowland Kali Kopi. Ini masih perkiraan, kami belum mendapat identifikasi lebih kuat,” imbuhnya.

Letkol Inf Pio L Nainggolan pun memastikan situasi di area PT. Freeport dan Mimika pada umumnya masih kondusif. Dimana, pasukan pengamanan gabungan kewilayahan dan Satgas Amole hingga kini masih bersiaga.

“Berkaitan dengan peringatan Hari Organisasi Papua Merdeka (OPM) 1 Juli, kita sudah melakukan penebalan pengaman untuk bersiaga baik di wilayah Highland maupun Lowland PT Frerport Indonesia,” ujarnya. (AWA)

Bagikan :

News Feed