oleh

Rakerda PDIP Se Papua, Wandik : Kami Evaluasi Menyeluruh Termasuk Persiapan Pilkada 2020

JAYAPURA (KT) – Kesiapan kandidat menuju pilkada serentak 11 Kabupaten tahun 2019 menjadi salah satu point penting dalam Rapat Kerja Daerah (Rakeda) PDI Perjuangan se Papua di Sahid Hotel, 5-6Juni 2019.

Setiap DPC dituntut mempersiapkan figur kandidat yang dinilai mampu bersaing dan memenangkan PDIP sebagai partai pengusung untuk kepemimpinan daerah 5 tahun kedepan.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Papua, Willem Wandik kepada wartawan usai pelaksanaan Rakerda PDIP, Sabtu (6/7/2019).

Adapun sebagaimana mekanisme yang di bahas dalam Rakerda terkait kesiapan 11 Kabupaten ini, DPP meminta setiap DPC untuk tetap memberlakukan sistem penjaringan, dimana hasil penjaringan tersebut harus dilakukan secara ketat dengan mengutaman kader.

“PDIP tetap konsisten sebagaiman AD/ARTpartai, kita lakukan sistem penjaringan bakal calon, dengan melakukan survey yang selanjutnya usulkan ke DPD hingga pusat untuk di berikan penilaian dan pertimbangan oleh pusat, dengan memprioritaskan kader,” katanya.

Selain persiapan Pilkada serentak, lanjut Wandik, juga di bahas tentang persiapan Ketua DPD PDIP untuk periode kepemimpinan 5 tahun mendatang. Dimana telah ada 3 nama yang di usulkan.

“ Ini juga kita lakukan penjaringan dan berdasarkan suara dari DPC, memang telah ada 3 nama, namun seleksi untuk calon ketua ini juga sangat ketat dan semua tergantung dari Pusat, nanti hasilnya akan di sampaikan dan program untuk lima tahun kedepan,” kata Willem enggan menampik bahwa dirinya juga salah satu dari tiga nama yang di ajukan tersebut.

Hal lainnya kata Wandik terkait dengan evaluasi hasil Pileg dan Pilres dimana untuk jumlah suara yang diberikan masih sama, bahkan jika tidak ada perubahan untuk tingkat kabupaten jumlah kursi DPRD mengalami penambahan. Sementara untuk kursi di DPRP masih sama namun mengalami penurunan untuk suara pusat.
“Kalau di DPRP masih sama 7 kursi, demikian juga di kabupaten khususnya di Kabupaten Puncak saya lihat ada kenaikan tapi di pusat hanya 1 kursi, yah kami berharap jumlah ini tidak ada perubahan setelah putusan MK ,“ kata Pria yang juga menjabat orang nomor 1 di Puncak Jaya ini.

Intinya kata Wandik, secara keseluruhan Rakerda PDIP untuk 29 DPC di Papua berjalan baik,aman dan berlangsung secara kekeluargaan. “PDIP selalu mengedepankan kekeluargaan dan gotong royong karena setiap ada persoalan selalu di selesaikan denngan baik,” kata sosok yang telah 20 tahun menjadi kader partai berlambang moncong putih ini. (TA)

Bagikan :

News Feed