oleh

Gereja Miliki Peran Kawal Penggunaan Dana Kampung

Wamena (KT) – Wakil Bupati Kabupaten Jayawijaya, Marthin Yogobi, SH.M.Hum berharap kepada Gereja dan seluruh Hamba Tuhan yang ada di Kabupaten Jayawijaya untuk memiliki peran penting dalam mengawal dan mengawasi penggunaan dana kampung.

Harapan itu disampaikan Wakil Bupati Kabupaten Jayawijaya, Rabu (10/7/2019) saat melakukan kunjungan kerjanya ke Distrik Bugi Kabupaten Jayawijaya.

Jelas Wabup Marthin, dana kampung yang teah dikucurkan oleh pemerintah Pusat ke Kabupaten Jayawijaya pastinya akan diperuntukan bagi masyarakat yang ada di Kampung.

Wakil Bupati Kabupaten Jayawijaya Saat Saat Berbicara di Mimbar

“Dana kampung itukan untuk masayarakat, dan masyarakat itu adalah jemaat dari Gereja, oleh karena itu dana kampung harus digunakan secara baik,” jelas Wabup Marthin.

Diakui Wabup Marthin, pemerintah telah mengambil kebijakan agar dana kampung itu dapat digunakan untuk kegiatan keagamaan, pendidikan, infrastruktur, kesehatan dan kegiatan lainnya.

Menurutnya, Gereja adalah salah satu lembaga yang sifatnya netral, sehingga sangat penting untuk Gereja memberikan perhatiannya dan ikut berperan mulai dari tahapan perencanaan program sampai kepada pembangunan yang ada di tingkat kampung.

Hal tersebut harus dilakukan olehhamba Tuhan, agar dana kampung yang dikucurkan dapat digunakan dengan baik dan terkontrol, dengan tujuan agar hasil dana kampung dapat dinikmati masyarakat melalui bukti nyata pembangunan yang ada di setiap kampung.

“Kami berharap, gereja menngambil bagian penting untuk melakukan pengawasan dan dapat memberikan dorongan kepada kepala desa, agar dana itu dapat berguna untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Wabup Marthin.
Bagi kepala Distrik dan kepala Kampung, Wabup Marthin berpesan agar dapat melibatkan Gereja dalam setiap perencanaan pembangunan di tingkat Kampung dan Distrik.

“Gereja jangan di lepas dari urusan pemerintahan, tetapi jaga dan pelihara Gereja dengan baik, karena Gereja merupakan akar dari seluruh pembangunan yang ada di Papua,” kata Wabup Marthin.

Dirinya berharap kepada Kepala Distrik dan Kepala Kampung untuk dapat memperhatikan keberadaan Gerejanya di Distrik dan Kampung masing-masing.(NP)

banner
Bagikan :

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed