oleh

Target PAD Ditambah, OPD di Pemkab Jayapura Dituntun Bekerja Dengan Diikuti Hasil

Sentani,( KT)- Organisasi perangkat daerah,( OPD) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Jayapura untuk tahun ini dituntun bekerja secara maksimal yang tentunya bekerja dengan diikuti menghasilkan pendapatan asli daerah,( PAD).

Hal itu didasarkan adanya penambahan target PAD di APBD Perubahan tahun 2019. Dimana,semula diawal tahun ditargetkan Rp 115 Milliar namun setelah dilakukan pembahasan dengan seluruh OPD yang dipimpin oleh Sekda Jayapura, Dra. Hanna Hikoyabi target PAD ditambah menjadi Rp 14 Milliar lebih sehingga total PAD di APBD Perubahan tahun 2019 menjadi Rp 130 Milliar lebih.

Hal itu dikatakan, Kepala Badan pengelola pendapatan daerah,( Bappenda) Kabupaten Jayapura, Theopilus Hendrik Tegai kepada wartawan usai rapat koordinasi teknis pendapatan daerah Kabupaten Jayapura tahun 2019 diaula lantai dua Kantor Bupati Jayapura, Rabu (10/7/2019) sore.

Untuk penambahannya sendiri, terangnya Bappenda ada penambahan berjumlah Rp 13 Milliar lebih, RSUD Yowari berjumlah Rp 1 Milliar 400 juta,Dinas Perikanan dan Kelautan,( DKP) berjumlah Rp 10 Juta,PT.PLN berjumlah Rp 400 Juta, sementara OPD lainnya juga diterapkan hal yang sama sehingga total penambahan berjumlah 14 Milliar lebih,” terangnya.

Guna tercapai target PAD itu,Lanjutnya, Sekda telah memerintahkan seluruh OPD harus memaksimalkan potensi yang dimiliki seperti contoh, dinas perhubungan dalam hal pengelolaan bagi hasil untuk parkir bandara, bahkan dinas perikanan, perkebunan. Tujuan tak lain untuk menyamakan persepsi untuk mengelola PAD baik OPD, BUMD dan BUMD yang ada di Kabupaten Jayapura.

Masih katanya, Yang menjadi persoalan setiap OPD adalah, pengeluaran atau belanja dimasing-masing OPD. “ Tadi Ibu sekda sudah tegaskan bahwa, setidaknya kalau belanja setiap OPD bersangkutan besar maka itu juga harus dimbangi dengan kontribusi PAD dan bila tidak maka itu disebut pincang “.

Sementara itu, Sekda Jayapura,Dra.Hanna Hikoyabi minta kepada OPD di Pemkab Jayapura bisa mengelola potensi yang ada sebab dimasing-masing OPD memiliki potensi contohnya, diperikanan, perkebunan, dan lainnya sehingga target PAD bisa tercapai dengan hasil memuaskan,” ujarnya.(TOM)

Bagikan :

News Feed