oleh

Hasil Pleno tetapkan PDIP Biak pegang kursi DPRD terbanyak

BIAK (KT) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Biak Numfor sudah menetapkan hasil pemilu legislatif yang akan menduduki 25 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Biak Numfor, senin (22/7) di Gedung Dharma Wanita Biak Kota. Bahkan, KPU menetapkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai perolehan kursi terbanyak.

Ketua KPU Biak Numfor, Mathias Jan Morin mengatakan bahwa masih ada 1 tahapan lagi yakni penyampaian hasil kepada Gubernur Papua melalui Bupati Biak Numfor, untuk proses pengangkatan para Calon Legislatif (Caleg) sebagai anggota DPRD. Oleh sebab itu, ia menyuarakan agar para caleg dapat mempersiapkan berbagai persyaratan untuk disampaikan kepada Gubernur.

“Pada Rapat Pleno penetapan Kursi dan Calon terpilih anggota DPRD Biak Numfor, kami mencatat PDIP memiliki kursi terbanyak, dan disusul oleh Partai lainnya. Oleh sebab itu, kami berharap agar, terutama Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara (LHKP) yang menurut data di KPU Biak Numfor, masih ada beberapa caleg yang belum lengkapi,”katanya.

Adapun, dengan menggunakan metode Sainte Lague, perhitungan hasil Pemilu menetapkan PDIP meraih 5 kursi, Partai Nasdem meraih 4 kursi, Partai Golkar 3 kursi. Selanjutnya, PPP, PKB, Partai Gerindra, Partai Hanura, dan Partai Garuda masing-masing meraih 2 kursi. Serta, PKS, PSI dan PAN masing-masing meraih 1 kursi.

Sementara itu, Ketua KPU memberikan selamat kepada seluruh Caleg DPRD terpilih sebanyak 25 orang, dimana 16 orang atau 64 persen adalah wajah-wajah baru. Sedangkan sisanya 9 orang merupakan anggota DPRD periode 2019-2024 yang masih bertahan dalam periode ini.

Lebih lanjutnya, ia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung proses demokrasi Pemilu 2019 di Biak Numfor. Terutama kepada Pemerintah Daerah, Aparat Keamanan, serta Komisioner KPU Biak Numfor periode 2014-2019, yang telah memfasilitasi jalannya Pemilu 2019 di tahun 2018. (*)

banner
Bagikan :

News Feed