oleh

Jayapura Diproyeksikan Jadi Kota Metropolitan

JAYAPURA (KT) – Pemerintah Provinsi Papua bakal mengembangkan Kota Jayapura menjadi kota Metropolitan. Menurut Gubernur Papua, Lukas Enembe, pemerintah Papua telah merencanakan pembangunan dengan sejumlah fasilitas termasuk jalan bypass di Kota Jayapura.

“Setelah PON kita akan bangun by pass juga, perencanaan sudah ada, setelah PON kita mulai kerja itu, hal ini sudah saya sampaikan ke Presiden Joko Widodo,” Kata Lukas Enembe saat meresmikan gedung II DPR Papua, Kamis (1/7/2019).

Lanjut Lukas Enembe, sebagai ibu Kota Papua, Kota Jayapura harus dirancang dan tertata baik, apalagi tingkat mobilisasi serta transportasi masyarkat yang semakin sempit. Sehingga, jika Kota Jayapura sudah diubah menjadi Kota yang indah dan canggih. Oleh sebab itu masyarakat tak boleh lagi membuang sampah atau ludah pinang sembarang .

“Kalau kota ini kita sudah buat jadi canggih dan indah, jangan ada lagi masyarakat yang buang sampah atau ludah pinang sembarang, tidak boleh bikin kotor, kebiasaan budaya kita yang tidak bagus, ini tidak boleh, sebab Ini akan menjadi kota yang menarik wisatawan yang datang,” Tandasnya

Pada kesempata itu, Gubernur juga mengkritisi sejumlah ijin bangunan pinggir jalan utama yang dikeluarkan oleh Walikota Jayapura. kata Gubernur, pemerintah tak segan membongkar bangunan tersebut lantaran sudah memakan separuh jalan.

“ada banyak peristiwa disini, walikota sudah kasi ijin banyak, gedung hotel Aston itu pelanggaran besar, tidak ada tempat parkir, Horizon itu juga bermasalah, Hotel Grand Abe itu juga masalah, kenapa maju kedepan, itu ada aturan, jaraknya ada. jadi kemungkinan kita bongkar lebih besar, harus ikuti aturan,” kata Gubernur

Selain itu, Enembe menyebut, pemerintah juga tengah merancang jembatan merah sebagai destinasi wisata para wisatawan di Kota Jayapura. Salah satunya dengan mamasang lampu hias yang menampilkan gambar burung cendrawasih.

“Kita rancang juga di jembatan merah itu luar biasa nanti, semua wisata bisa datang ke seitu di bawah atua di atas, di atas ada lampu hias yang menampilkan gambar burung cendrawasih, kami akan beli dari Korea,”katanya. (TA)

Bagikan :

News Feed