oleh

Gelar Aksi Demo, GMKI Sentani Minta Ormas Tidak Ada Lagi Yang Ikut Campur Soal Kejadian di Kota Surabaya

Sentani,(KT)- Puluhan mahasiswa yang tergabung didalam gerakan mahasiswa kristen Indonesia,(GMK) Cabang Sentani dan gerakan angkatan muda Kristen Indonesia,( GAMKI)Kabupaten Jayapura menggelar aksi demo damai dipintu masuk jalan bandara Sentani tepatnya pati 1 Kota Sentani, Kabupaten Jayapura,Provinsi Papua, senin (19/8/2019) siang.

Ketua Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia,(GMKI) Cabang Sentani,Berto Tungkoye didampingi Ketua Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia,(GAMKI) Kabupaten Jayapura, Mesak Samon mengatakan, aksi demo yang kami lakukan tak lain buntut dari isu-isu yang memanas khususnya yang menimpa mahasiswa Papua di Kota Surabaya,” katanya.

banner banner

Kami mendesak agar tim yang akan dibentuk Pemerintah Provinsi Papua segera merespon cepat dan melihat kejadian-kejadian yang menimpa mahasiswa Papua di Kota Surabaya termasuk memperhatikan mahasiswa Papua yang berada didaerah lainnya di Indonesia.

“ Ditegaskan,apabila situasi di Kota Surabaya masih terus saja terjadi di Negara Indonesia maka Negara harus ikut ambil bagian. Dan Negara diminta agar membebaskan mahasiswa Papua sekarang sebab kita merupakan manusia yang ingin hidup baik di Surabaya maupun dimana saja ,”ucapnya.

Disamping itu, diminta agar tak ada lagi ormas,( Organisasi Masyarakat) yang ikut campur terkait kejadian di Kota Surabaya. Apabila, masih tetap saja ormas ikut campur maka GMKI dan semua kristen di Kabupaten Jayapura akan melumpuhkan Kota Sentani dan melakukan hal sama yang dilakukan ormas tersebut,” pintanya.

Sementara itu,Kapolres Jayapura,AKBP Viktor Dean Mackbon mengatakan, guna mengamankan aksi demo itu diturunkan sekitar 200 personil yang ditempatkan diberbagai titik dan apa yang kami aspirasi terkait dugaan tindakan diskriminatif, itu telah disampaikan.

“ Apa yang aspirasi akan disampaikan kepada institusi atau stakeholder yang terkait supaya wilayah kembali kondusif. Walaupun, mereka tak diberikan izin tetapi kita berikan himbauan atau pengamanan bagi warga masyarakat kita yang menyampaikan aspirasi yang disampaikan.Selama aksi digelar tak menggangu aktivitas masyarakat lainnya,” katanya.(TOM)

banner banner
Bagikan :

News Feed