oleh

Polres Mappi Juga Gelar Deklarasi Damai Papua

Jayapura, (KT)- Kepolisian Resor Mappi menggelar Deklarasi Kesepakatan bersama dalam rangka menjaga Tanah Papua yang damai dan kondusif, Senin tanggal 9 September 2019, di Aula Rupatama Polres Mappi.

Polres Mappi, Pemerintah dan masyarakat kabupaten Mappi, sepakat menjaga keamanan dan kedamaian daerah.Komitmen pemerintah dan masyarakat tersebut dilakukan dalam bentuk deklarasi.

banner banner

Deklarasi papua Damai yang dilakukan oleh pasca kerusuhan di Papua dan Papua Barat cukup membuat resah seantero Indonesia tak hanya di Jayapura atau wilayah lain yang terjadi kericuhan, namun di Mappi tak terjadi seperti daerah lain, tetapi ketegangan cukup dirasakan oleh seluruh warga dengan beredarnya isu yang dihembuskan oleh segelintir orang yang tak bertanggung jawab, tetapi hal itu dapat cepat teratasi berkat kerjasama serta komitmen masyarakat serta pemerintah, Polri dan TNI yang ada di Kab. Mappi dan yang tak kalah penting adalwh peran lembaga adat yang sangat kuat dalam membentengi masyarakat dari isu isu yang dapat memecah belah NKRI.

Dalam Deklarasi damai yang dilantangkan oleh Lembaga Adat Mappi dan di ikuti oleh seluruh komponen masyarakat,unsur agama, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Mappi serta ketua Paguyuban nusantara dan di hadiri oleh Wakil Bupati Mappi,Kapolres Mappi,Perwira Penghubung Kodim 1707 Merauke di Mappi serta para perwira Polres Mappi.

usai Deklarasi Ketua LMA Mappi Valentinus Yabag Kamakaimu meminta nuansa kelompok atau Suku segera dihilangkan.LMA juga meminta semua pihak berpikir sebagai sebuah kesatuan di bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Jangan ada lagi kelompok orang asli Papua atau kelompok suku lain kita ini satu, semua warga Indonesia,selama ini seluruh komponen masyarakat Mappi yang memiliki latar belakang berbeda bisa hidup berdampingan secara harmonis.

Ketua LMA Mappi Valentinus pun menegaskan bahwa hal tersebut harus dirajut kembali dengan langkah awal, Kita tunjukan perdamaian kepada daerah lain bahwa Mappi yang selama ini tanpa ada gesekan atau konflik dengan masyarakat lain dan ini kita harus pertahankan dalam menjaga kesatuan dari berbagai suku, budaya dan agama, kita harus tetap bersatu menjaga NKRI.

Hal serupa pun di ungkapkan oleh AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan S.I.K,M.I.K Kapolres Mappi bahwa Kab. Mappi ini adalah wilayah yang dimana di Papua tercatat adalah daerah teraman,kami berharap deklarasi ini bisa diterapkan ke masyarakat dan berharap semua masyarakat menjaga Papua terkhusus di Mappi tetap damai.

Semoga dengan adanya deklarasi damai akan bergema di seluruh Papua, dan ini menjadi tonggak sejarah yang patut di sebar luaskan dan di ingat sampai anak cucu kita bahwa pada tanggal 09 – 09 – 2019 adalah suatu sejarah baru di mappi dengan melantangkan persatuan dan kesatuan antar Suku,Etnis,Agama dan Budaya di Mappi.

Deklarasi ini disebut sebagai kesepakatan untuk menjaga persatuan Indonesia. Deklarasi ini, menurutnya, menjadi pengingat seluruh masyarakat Papua bersaudara.

Deklarasi kesepakatan bersama dalam rangka menjaga Papua tanah yang damai. Bapak-Ibu sekalian sebentar lagi kita akan deklarasi, ini adalah kesepakatan kita bersama sebagai anak bangsa. Saya ingin sampaikan bahwa deklarasi mengingatkan kepada kita semua bahwa kita satu keluarga, sebangsa dan setanah air Indonesia.

Wakil Bupati Mappi Jaya Ibnu Su’ud ST pun berharap deklarasi Kedamaian di tanah papua ini semoga akan terdengar seantero Mappi supaya seluruh masyarakat dapat menyerukan kembali nilai luhur tentang kebersamaan yang telah di bangun puluhan tahun di Mappi,Menurut Wabub hidup rukun, damai, dan saling membantu satu sama lain sudah menjadi budaya masyarakat Mappi secara turun temurun dari nenek moyang. Karena itu, deklarasi ini guna meningkatkan kembali bahwa kehidupan toleransi dan kebersamaan tersebut harus terus dipertahankan oleh generasi muda sekarang.

Wabub Jaya pun mengecam keras tindakan anarkisme yang terjadi di Papua dan penyebaran berita Hoax yang dapat mengganggu kondisi yang selama ini kita bangun,karena kedamaian dan kerukunan itu penting untuk itu pemerintah daerah akan secara setruktural membentuk sebuah wadah sebagai Forum Komunikasi seluruh paguyuban nusantara dimana wadah tersebut mewakili seluruh lembaga,Adat,Agama dan Budaya yang ada di Mappi sehingga komunikasi dengan seluruh element ini sebagai pemicu percepatan pembangunan di Kab. Mappi.

banner banner
Bagikan :

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed