oleh

Eksodus Mahasiswa Pulang Papua Terus Bertambah, Begini Sikap Gubernur

JAYAPURA (KT) – Gubernur Papua, Lukas Enembe menyebut jumlah mahasiwa Papua yang kembali ke Papua semakin bertambah. Per 10 September 2018, kata Gubernur, tercatat 800 san mahasiswa Papua yang berkuliah di luar daerah sudah kembali ke Papua.

“ Jumlah mahasiswa yang kembali sudah hampir 800 san, ini data hari ini masih ada yang mau kembali lagi, “ kata Lukas Enembe, Selasa (10/9/2019) sore.

banner banner

Terkait aksi eksodus para mahasiwa ini, Gubernur mengaku telah mengagendakan pertemuan dengan Kapolda Papua untuk membahas langkah selanjutnya terkait kepulangan para mahasiwa ini.

Selanjutnya, kata Gubernur pihaknya juga berencana melakukan pertemuan dengan
Gubernur Papua Barat, Fokompida Papua Barat, Pimpinan Perguruan tinggi guna membahas detail hal tersebut.

Menyangkut kesiapan Panglima TNI yang menyatakan akan menyediakan fasilitas kepada para mahasiswa yang telah pulang Papua untuk kembali ke kota tempat studinya. Gubernur mengatakan semua itu tegantung mahasiwa.

“Tergantung mahasiswa, kalau mereka tidak aman yah tidak bisa kembali. Contoh kemarin asrama mahasiswa di Surabaya di lempari ular, itu sudah intimidasi. Sudah masalah malah bikin masalah lagi,” kata Gubernur.

Sehari sebelumnya, Rektor Uncen, Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST.MT menyarankan agar para mahasiswa Papua dapat mempertimbangkan ulang tindakan kembali ke Papua. Sebab kata Apolo, para mahasiswa ini terancam di Drop Out (DO) dari kampus sebelumnya, dan belum tentu semua Perguruan Tinggi (PT) di Papua dan Papua Barat dapat menampung ratusan mahasiswa yang berkuliah di berbagai kota yang ada di Indonesia.

Demikian juga Kapolda Papua, Irjen Pol Irjen Rudolf A Rodja menegaskan bahwasanya Kapolri yang telah memberikan jaminan kemanan kepada seluruh mahasiwa Papua yang berkuliah di seluruh Indonesia.

“Kapolri sudah menyampaikan seluruh polda akan jamin kemanan dan rasa aman dimanapun mereka kuliah baik di Tanah Papua maupun di luar Papua, jadi tidak perlu mahasiwa yang kuliah di luar merasa ketakutan,” kata Kapolda. (TA)

banner banner
Bagikan :

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed