oleh

Pendafataran Dibuka, PDIP Papua Mulai Jaring Calon Kepala Daerah

JAYAPURA, – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Papua mulai membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah dan bakal calon wakil kepala daerah untuk 11 kabupaten yang akan Pilkada serentak tahun 2020 di Provinsi Papua.

Menurut, Wakil Ketua Bidang Pemilu, DPD PDIP Papua, Erwin Kbarek, melalui rapat-rapat dan arahan dari pimpinan partai bapak John Wempi Wetipo, pendaftaran dilakukan di tingkat DPC dan DPD.

Dimana kata Erwin, pendaftaran dibuka di sejak tanggal 6-16 September di tingkat DPC dan tingkat DPD dibuka sejak tanggal 6-20 September 2019 di Kantor DPD PDIP Papua, Jalan Asrama Haji, Kotaraja, Abepura, Kota Jayapura.

“PDI Perjuangan menjaring kandidat dari kader partai dan masyarakat umum, setahun sebelum Pilkada serentak 2020. Ini bukti keseriusan PDI Perjuangan dalam menggodok calon-calon pemimpin daerah yang siap bekerja total, bekerja habis-habisan, semata-mata demi kesejahteraan masyarakat di daerahnya,” ujar Erwin Rabu (11/9/2019).

Erwin menyampaikan, tahapan yang dilakukan PDIP untuk menghasilkan calon pemimpin yang berkualitas dan mampu memenuhi ekspektasi publik, dimulai dari menerima pendaftaran, seleksi administrasi, melakukan penjaringan langsung hingga akar rumput dan fit and proper test.

“Dengan melakukan penjaringan jauh-jauh hari, PDIP ingin menghasilkan calon pemimpin daerah yang berkualitas dan mampu memenuhi ekspektasi publik,” katanya.

Erwin menerangkan, disamping itu DPP PDIP juga akan melakukan verifikasi, tes psikologi, tes kemampuan analisis kebijakan publik. Juga akan ada sekolah calon kepala daerah/ calon wakil kepala daerah, di mana para kandidat mengikuti pendidikan.

Dengan tahapan-tahapan itulah, sambung Erwin, bakal terseleksi kandidat dengan kualitas pengetahuan dan psikologi yang mumpuni untuk memajukan daerah.

“Karena bagi PDIP, penentuan kandidat dalam Pilkada bukan ajang transaksi politik, tapi sebuah langkah strategis yang penuh kontemplasi untuk memilah dan memilih hanya calon yang benar-benar terbaik bagi rakyat,” tegasnya.

Erwin menambahkan Adapun syarat-syarat pendaftaran sesuai adalah sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Berkas-berkas tersebut akan diberikan oleh penitia pada saat pendaftara.

“Pada 2020, akan ada 11 kabupaten di Papua, yang menggelar Pilkada. Silakan bagi seluruh WNI yang ingin mengabdikan diri memajukan 11 kabupaten untuk mendaftar baik di tingkat daerahnya sendiri atau langsung ke sekretariat DPD PDIP Papya. Prinsipnya, DPD PDIP Papua membuka pendaftaran seluas-luasnya, baik untuk kalangan internal maupun eksternal partai,” lugasnya.

Sebatas diketahui 11 kabupaten di Provinsi Papua yang akan melaksanakan Pilkada serentak tahun 2020 yakni kabupaten, Kabupaten Keerom, Mambramo Raya, Supiori, Waropen, Merauke, Bovendigoel, Asmat, Yalimo, Yahukimo, Pegunungan Bintang dan Nabire.

Bagikan :

News Feed