oleh

Sepakat Jaga Persatuan Dan Kesatuan, Kabupaten Jayapura Canangkan Deklarasi Kesepakatan Bersama

Sentani,(KT)- Pemerintah Kabupaten,( Pemkab) Jayapura bersama aparat TNI/Polri,elemen dan organisasi kemasyarakatan termasuk didalamnya unsur Muspida lainnya sepakat menandatangani deklarasi kesepakatan bersama yang dibuktikan dengan penandatangan bersama yang dilaksanakan di lapangan Pasar lama Sentani, Jayapura, Papua,Jumat (13/9/2019) pagi.

Adapun bunyi kesepakatan itu antara lain, kami warga negara kesatuan Republik Indonesia ditanah Papua dengan beragam suku, bahasa dan adat istiadat bersepakat menyatakan, menjaga persatuan dan kesatuan ditanah Papua,hidup berdampingan,damai dengan penuh kasih sayang,tidak terpengaruh isu-isu yang tidak benar dan menolak kelompok separatis dan radikal ditanah Papua.

banner banner

Bupati Jayapura,Mathius Awoitauw,SE, M.Si mengatakan, Kabupaten Jayapura canangkan deklarasi bersama guna menjaga persatuan dan kesatuan Republik Indonesia.

“Ada sejumlah point tadi sudah dibacakan dari masing-masing perwakilan komponen masyarakat termasuk oleh masyarakat Papua baik di Pegunungan, Pesisir dan juga dari unsur-unsur masyarakat yang lainnya dan perlu ketahui pernyataan ini sebagai wujud atau bukti dari komitmen-komiten yang pernah kita lakukan ditahun 2016. Bahwa, Kabupaten Jayapura sudah dicanangkan sebagai zona Integritas kerukunan dari suku bangsa, beragama dan golongan,” katanya.

Lanjutnya, pernyataan itu juga berasal dari komponen masyarakat dan suku bangsa bahwa, menjaga Kabupaten ini akan selalu damai, aman, dan semua hidup dalam satu kekeluargaan meskipun keberagamaan cukup tinggi disini namun itu bisa terjaga dengan baik,”ujarnya.

Masih katanya, selain itu dalam kesempatan ini juga dirangkaikan dengan olahraga dan kerja bakti bersama disemua titik di Kabupaten Jayapura dan itu dilakukan disemua komponen masyarakat. “ Mereka digerakkan hari ini dan besok sebab dengan kita bekerja bersama-sama berbaur satu dengan yang lain kita bisa mendukung satu sama lainnya,” ucapnya.

Sementara itu,Kapolres Jayapura,AKBP Viktor Dean Mackbon mengungkapkan, melalui deklarasi ini terwujud damai. Diharapkan seluruh eleman masyarakat bisa menyuarakannya.”Kami dari pihak TNI/Polri terus akan melakukan pemeliharaan kamtibmas sehingga tidak perlu kuatir dan takut sebab kami hadir menciptakan kedamaian dan keamanan.

“Deklarasi ini sebagai monummental atau semangat untuk bagaimana yang diimplementasikan dan menyuarakan kedamaian sebab itulah tujuan hidup dan tidak ada yang lain. Bagi orang tak mau damai bahkan tidak teratur maka kita akan lakukan berbagai langkah-langkah supaya ditertibkan makanya perlu hadirnya Pemerintah guna memberikan rasa aman tersebut,” ungkapnya.(TOM)

banner banner
Bagikan :

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed