oleh

Pemerintahan Daerah dan Masyarakat Adat Saireri Papua Susun Strategis cepat DOB

BIAK (KT) – Kabupaten Biak Numfor menjadi tuan rumah Penyusunanan strategis percepatan pembangunan Teluk Cenderawasih, kamis (19/9) di Asana Hotel Biak, malam hari. Pertemuan tersebut di hadiri oleh sejumlah Pimpinan Daerah, Pejabat Daerah bersama Masyarakat Adat Saireri Papua.

Empat Daerah yakni Kabupaten Kepulauan Yapen, Kabupaten Waropen, Kabupaten Supiori, dan Kabupaten Biak Numfor sudah menyetujui adanya Daerah Otonomi Baru (DBO) Provinsi Teluk Cenderawasih. Persetujuan itu ditandai dengan penandatangan pernyataan kesepakatan bersama pembentukan DOB.

Seketaris Asosiasi Bupati Wilayah Adat Saireri, Tonny Tesar,S.Sos mengatakan pertemuan tersebut berupaya menyiapkan percepatan pembangunan dari sejumlah sektor, untuk memajukan Daerah otonomi baru menjadi provinsi teluk cenderawasih.

“Perjuangan ini tidak ada sangkutpautnya dengan pertemuan Bupati dengan sejumlah tokoh dari Papua, di Istana Negara belum lama ini. Bahkan, pemekaran ini sudah disampaikan Gubernur kepada Presiden bahwa kalau bisa jangan dimekarkan menjadi 2 saja, kalau perlu dimekarkan menjadi 7 berdasarkan wilayah adat yang ada di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat,”katanya dalam sambutan.

Strategis Pembangunan ini sudah disusun pada tahun 2012 di Kabupaten Kepulauan Yapen. Kini, pertemuan itu digelar kembali pada 19 September 2019 di Kabupaten Biak Numfor. Bahkan, Biak Numfor bakal jadi Ibu Kota Kabupaten. (dw)

Bagikan :

News Feed