oleh

JWW : Sudah Saatnya Ibu Kota Provinsi Papua Pindah Ke Wamena

Wamena (KT) – Tokoh Intelektual Asal Kabupaten Jayawijaya Pegunungan Tengah Papua, John Wempi Wetipo (JWW) menyebutkan, jika masalah pemekaran ramai dibicarakan di tingkat Provinsi khususnya Wilayah Tabi, maka sudah saatnya Ibu Kota Provinsi Papua harus segera dipindahkan ke Ke Pegunungan Tengah Papua dengan ibu kotanya Wamena Jayawijaya.

Menurut Wempi, untuk saat ini sangat tidak perlu adanya pemekaran Provinsi Papua tengah, karena yang saat ini dibutuhkan adalah adanya pengakuan pemindahan nama Ibu Kota Provinsi ke Wamena Jayawijaya.

“Yang diperlukan saat ini hanya perubahan dan pengakuan nama Ibu kota saja menjadi Wamena dan saya kira kita tidak butuh banyak-banyak karena kita tidak butuh pemekaran,” kata Wempi Wetipo, Jumat (20/9/2019) di Wamena Kabupaten Jayawijaya.

Diakui, dirinya akan berupaya berjuang untuk memindahkan Ibu Kota Provinsi Papua ke Wamena Jayawijaya, karena sudah waktunya Ibu Kota Provinsi Papua dipindahkan ke Wamena.

“Papua itukan satu, pemimpin berjuang untuk menjadikan Papua satu, tetapi kalau semua sudah mendeklarasikan diri untuk membentuk Provinsi Baru yah kita mau apa,” kata Wempi.

Menurutnya, untuk saat ini tidak ada yang namanya bagi-bagi kekuasaan karena Papua harus satu, namun dengan kejadian yang terjadi saat ini, itu berarti Provinsi Papua yang sudah lahir Ibarat Bayi yang tidak diinginkan.

Dirinya menegaskan, adanya deklarasi Provinsi Tabi oleh beberapa petinggi yang ada di Wilayah Tabi, bisa dikatakan bahwa keberadaan Provinsi Papua sudah tidak lagi diinginkan keberadaannya di Jayapura.

“Provinsi Papuakan ada di Wilayah Tabi to, kalau begini caranya mereka tidak inginkan Provinsi Papua ada di Wilayah Tabi, sehingga saya berkesimpulan sudah saatnya Ibu Kota Provinsi Papua harus bergeser ke Pegunungan Tengah Papua dengan Ibu Kota Wamena Jayawijaya,” tegas Wempi.

Kata Wempi, sangat wajar jika Ibu Kota Provinsi Papua ditempatkan di Wamena Jayawijaya, karena Jayawijaya adalah Jantungnnya Papua.

Dirinya menyampaikan selamat berjuang kepada tim pembentukan Provinsi Tabi dan asosiasi Bupati Tabi yang sudah berjuang dan menyatakan akan membentuk Provinsi baru dengan nama Provinsi Tabi.(NP)

Bagikan :

News Feed