oleh

HKGB 67, Bhayangkari Mimika Fasilitasi Tes Iva dan Sadani

TIMIKA (KT) – Untuk mencegah dan mendeteksi dini penyakit kanker, Bhayangkari Mimika memfasilitasi tes Inveksi Visual Dengan Asam Asetat (IVA) dan Sadanis di Klinik Tribarata, Jalan Yos Sudarao, Selasa (1/10/2019).

Meski diguyur hujan, kegiatan yang diadakan dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke-67 itu berjalan lancar. Dimana para peserta yang mendaftar begitu antusias melakukan tes IVA dan Sadanis.

“Tadi hujan deras sekali. Tapi itu tidak mematahkan niat para kaum perempuan mendeteksi kanker sedini mungkin. Sampai siang ini ada 30 peserta yang sudah mendaftar dan sementara konsultasi ke dokter spesialis kandungan,” kata Ketua Cabang Bhayangkari Mimika Ny. Dewi Agung Marlianto kepada Kawattimur, Selasa (1/10/2019)

Dikatakan, antusias dari peserta yang hadir menunjukkan bahwa perempuan-perempuan sadar atas arti kesehatan.

“Ini patut untuk kita apresiasi,” ujarnya.

Dikatakan, pemeriksaan dilakukan oleh dokter spesialis menggunakan asam asetat untuk mengetahui gejala kanker serviks (Kanker rahim). Tes tersebut dinilai sangat penting, karena, menurut WHO, Kanker Serviks merupakan penyebab kematian wanita nomor dua di dunia setelah penyakit jantung koroner. Jadi harus dideteksi sedini mungkin.

“Mereka sudah tidak takut lagi diperiksa. Tes IVA khusus untuk wanita yang sudah menikah. Sama halnya dengan pemeriksaan Pasmir. Tapi tes IVA yang dilakukan ini menggunakan asam asetat yang memeriksa adanya sel-sel pra kanker. Sementara Sadanis, pemeriksaan kanker payudara dideteksi dengan adanya pertumbuhan kelenjar payudara,” ujarnya sembari berharap agar kegiatan tersebut dapat menekan jumlah penderita kanker serviks dan kanker payudara.

“Wanita Indonesia harus sehat, dengan memeriksakan organ dalam. Jangan hanya mengobati luarnya saja seperti wajah,” ujar Dewi. (AWA)

Bagikan :

News Feed