oleh

Ini Kabupaten Yang Gunakan Sistem Noken Pada Pilkada Serentak 2020 di Papua

JAYAPURA (KT) – Dari 11 Kabupaten yang melaksanakan Pilkada Serentak 2020 di Papua, terdapat satu kabupaten yang dipastikan masih menggunakan system Noken.

Ketua KPU Papua, Theodorus Kossay, kepada Kawat Timur, Rabu (2/10/2019) mengatakan Kabupaten Yahukimo secara total masih menggunakan system noken. “ Hanya Kabupaten Yahukimo yang menggunakan system Noken atau ikat 100 persen,” kata Theo.

Apakah kedepan penerapan Sistem Noken di Yahukimo ini akan ada pengurangan baik jumlah TPS taupun jumlah Distik, menurut Ketua KPU, dalam hal pengurangan jumlah pengguna system Noken membutuhkan waktu dalam proses serta waktu sosialiasi.

“Nah ini kan pelaksanaan Pemilu belum ada jeda, KPU baru saja enyelesaikan Pileg dan Pilpres ini dan dilanjutkan Pilkada serentak tahun 2020, sementara untuk sosialisasi itu kita tentu butuh waktu dalam hal penerapan one people, one foot and one vote untuk evaluasinya,” kata Theo yang menyakinkan tidak menutup kemungkinan KPU akan terus melakukan evaluasi terhadap system Noken/Ikat di Papua.

Untuk diketahui Pemilukada serentak tahun 2020 di ikuti oleh 270 daerah, 11 diantaranya di Provinsi Papua. Ke -11 Kabupaten tersebut, yakni Kabupaten Merauke, Kabupaten Asmat, Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Yalimo, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Mamberamo Raya, Kabupaten Merauke, Kabupaten Waropen, Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Supiori, Kabupaten Nabire dan Kabupaten Keerom.(TA)

Bagikan :

News Feed