oleh

Peringati HUT TNI Ke-74, Lanal Timika Tanam 5000 Pohon Mangrove

TIMIKA (KT) – Dalam rangka HUT Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-74, TNI Angkatan Laut (AL) melakukan penanaman serentak lima ribu (5000) Pohon Mangrove di pesisir area sekitar Pelabuhan Metro-Poumako, Senin (7/10/2019).

Danlanal Timika, Lektol Laut (P) Yadi Mulyadi mengatakan, penanaman pohon mangrove serentak di seluruh Indonesia sebanyak 374 ribu pohon sekaligus pemecahan rekor Muri dengan tema “Selamatkan Bumi Untuk Anak Cucu Kita”

Peringati HUT TNI Ke-74, Lanal Timika Tanam 5000 Pohon Mangrove

“TNI Angkatan Laut melaksanakan penanaman mangrove serentak sebanyak 374 ribu pohon dari Sabang sampai Merauke. Sementara untuk di Timika, TNI bersama Polri dan unsure maritime lainnya menanam 5000 bibit pohon mangrove,” ujarnya usai melakukan penanaman mangrove.

Dikatakan, penanaman bibit tersebut sangat bermanfaat. Dimana, tanaman mangrove memiliki fungsi dan peran penting bagi ekosistem pesisir, seperti melindungi pantai dari erosi dan abrasi, tempat hidup dan berkembang biak berbagai satwa seperti ikan, udang, kepiting dan melindungi pemukiman penduduk dari terpaan badai dan angin dari laut.

“Kita melestarikan ekosistem mangrove karena banyak fungsi dan manfaatnya sebagai penyeimbang ekosistem di pesisir, menahan abrasi pantai maupun gelombang Tsunami. Sehingga kedepan, kita bisa menikmati dan Mimika aman dari bahaya itu,” kata Danlanal.

Ia menambahkan, mangrove sangat memerlukan pengelolaan dan perlindungan yang baik agar dapat tetap lestari. Dimana, seluruh komponen masyarakat diminta menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah ke sungai dan laut. (AWA)

Bagikan :

News Feed