oleh

RSJ Abepura Deklarasi Bebas Asap Rokok dan Ludah Pinang

JAYAPURA (KT) – Masih dalam rangkaian Peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia di RSJ Abepura, segenap pegawai serta karyawan di lingkup rumah sakit setempat melakukan penandatanganan deklarasi bebas Asap Rokok dan Ludah Pinang. Deklarasi ini sebagai bagian dan upaya RSJ dalam mencapai Akreditasi pada Desember mendatang.

“hari ini kita lagi gencar untuk mencapai akreditasi RSJ, dengan tujuan agar memberikan mutu pelayanan terbaik bagi masyarkaat. Kami mohon doa, dan dukungan khususnya masyarakat sekitar lingkungan RSJ, dengan harapan pada Desember kami dapat terakreditasi,” kata Direktur RSJ Abepura, dr Anton Toni Mote, kepada wartawan, Kamis (10/10/2019)

Dokter Anton mengatakan, di Hari Kesehatan Jiwa Sedunia menjadi moment yang tepat bagi RSJ Abepura untuk menyerukan satu komitmen dimana dalam lingkungan rumah sakit bebas asap rokok dan ludah pinang.
“Jadi tertanggal 10 oktober seluruh karyawan, dan pimpinan dalam lingkung RSJ Abepura tidak merokok di lingkungan rumah sakit dan juga membuang ludah pinang sembarang,” katanya.

Tentu, sambung Dokter Anton, komitmen ini diiringi dengan ketegasan berupa teguran keluarga ataupun pasien, demikian pula staf dan pimpinan RSJ juga mendapat sanksi tegas bahkan pemutusan hubungan kerja untuk tenaga kontrak.

“Jadi disini dan melalui media ini, kami sampaikan kepada seluruh masyarakat Papua yang merujuk ataupun mengikuti keuarga pasien di RSJ Abepura untuk tidak merokok dan membuang ludah pinang,” katanya.

Adapun seruan serta komitmen bebas asap rokok sebagaimana peraturan dari Kementerian Kesehatan, dimana terdapat beberapa tempat yang wajib terbebas dari paparan asap rokok, salah satunya Fasilitas pelayanan kesehatan seperti puskesmas, klinik atau rumah sakit. Sementara untuk ludah pinang lebih kepada faktor kesehatan, karena ludah pinang beresiko memberikan infeksi atau penyakit menular yang ditularkan melalui air liur

“Itu beresiko sekali apalagi liur pertama, itu masih mengandung banyak kuman, tapi prinsipnya tidak boleh meludah pinang dalam lingkungan rumah sakit,” jelasnya. (TA)

Bagikan :

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed