oleh

Balita dan Ibu Hamil di Rawabiru Mendapat Layanan Kesehatan Gratis

MERAUKE (KT) – Satgas Pamtas RI-PNG dari Anggota Batalyon 411/Pandawa , Rabu lalu menggelar Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan pengobatan gratis. Kegiatan Posyandu dan pengobatan gratis tersebut merupakan bekerja sama TNI dengan Puskesmas Distrik Sota.

Kegiatan yang berlangsung di RT 03 Yakyu, Kampung Rawabiru, Distrik Sota, Kabupaten Merauke ini, kata Dantonkes Satgas Letda Ckm Iwan Debri, merupakan pelayanan kesehatan rutin.

“Kegiatan ini dilaksanakan setiap bulan bagi ibu dan anak melalui penimbangan, imunisasi serta pemberian gizi tambahan. Hal ini penting dilaksanakan bagi balita agar asupan gizi dan nutrisinya terjamin, apalagi daerah pedalaman perbatasan RI-PNG,” katanya

Menurutnya pelaksanaan Posyandu dan pengobatan gratis ini merupakan wujud sinergitas Satgas dari Tim Kesehatan Pos Kout dan Pos Yakyu dengan instansi kesehatan yang ada di perbatasan RI-PNG yakni Puskesmas Sota dan Puskesmas Pembantu (Pustu) Rawabiru.

“Kami bersama-sama memberikan pelayanan kesehatan bagi balita, sementara untuk ibu hamil dilakukan pemeriksaan kesehatan janin dalam kandungan serta kesehatan fisiknya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Dantonkes mengatakan pada kegiatan ini juga ada pemberian makanan tambahan sebagai asupan gizi bagi balita, karena di RT 03 Yakyu masih banyak balita yang perlu diperhatikan gizinya.

“Kampung ini tempatnya ada di pedalaman dan harus di tempuh menggunakan Ketinting (perahu tradisional Papua) sekitar dua setengah jam perjalanan dengan melewati rawa-rawa,” katanya.

Posyandu dan pengobatan hari ini tercatat 15 balita diimunisasi, 2 ibu hamil dilakukan pemeriksaan dan 16 warga berobat dengan keluhan sakit seperti batuk, demam, gatal, flu, diare dan pusing. “Sebelum kegiatan selesai, kami sampaikan kepada warga yang hadir untuk selalu menjaga pola hidup sehat dan bersih agar terhindar dari penyakit,” tutup Dantonkes Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad.

Kepala Puskesmas Sota Maria S. Gebze mengaku sangat terbantu dengan kehadiran Satgas Pamtas RI. Menurutnya, dengan kerjasama tersebut, tentunya dapat menjamin pelayanan kesehatan untuk semua warga di tanah Papua. **

Bagikan :

News Feed