oleh

Meski Terik, Ribuan Santri Antusias Ikuti Perkemahan HSN Ke-4

Dari Santri Mimika Untuk Papua dan Indonesia

TIMIKA (KT) – Ribuan santri dari puluhan sekolah di Kabupaten MImika antusias mengikuti kemah santri (Kemistri) yang digelar Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kabupaten Mimika dalam memperingati Hari Santri Nasional (HSN) ke-IV Tahun 2019 di Masjid Al Muhajirin, SP 1, Selasa (22/10).

Pantauan Kawattimur, meski di bawah terik matahari, ribuan santri tersebut terlihat semangat mendirikan tenda-tenda yang akan digunakan selama tiga hari kedepan, Jumat (25/10/2019).

Sebelumnya, para santri juga menampilkan berbagai aksi yang diawali dengan pawai ta’aruf, upacara HSN, solawatan Nabi Muhammad SAW, hingga tari saman dari Aceh yang menyita perhatian seluruh peserta dan tamu undangan yang hadir.

Muhammad Alfi Al-Jabbar, salah satu santri dari Masjid At-Taqwa Mimika mengatakan, melalui Kemistri yang diikuti, dirinya bersama para santri lainnya dapat meneladani semangat perjuangan dan jihad ke-Indonesiaan para kiyai atau ulama yakni semangat untuk kebangsaan, cinta tnah air, rela berkorban untuk bangsa dan negara.

“Kita harus semangat seperti para kiyai dalam membela tanah air. Dengan perkembangan zaman saat ini, tentunya kita harus bisa menjadi santri unggul untuk Indonesia makmur,” ujarnya.

Sementara itu, ketua Panitia HSN ke-IV tahun 2019, Rosihan Ahmad mengatakan, dalam kemistri 2019 dititikberatkan pada bidang-bidang pengembangan diri Pramuka Penggalng dan Penegak, yaitu spiritual, emosional, social, intelektual dan fisik, baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.

“Jadi sifat kegiatannya itu aktif, edukatif, produktif, kreatif, rekreatif dan tangkas. Dimana kegiatan dibagi menjadi beberapa kelompok dengan muatan materi,” ujarnya saat ditemui disela-sela kegiatan tersebut.

Dikatakannya, hal tersebut guna memudahkan para peserta dalam menyerap beragam pengetahuan dan keterampilan sebagai penambah bekal dalam proses pembentukan jati diri untuk menjawab kebutuhan lingkungan sekitarnya. (AWA)

Bagikan :

News Feed