oleh

Permudah Mencari Data Kunjungan, Kominfo Pemkab Jayapura Terapkan Buku Tamu Secara Online

Sentani,( KT) – Sejumlah pegawai dinas Komunikasi dan Informasi,(Kominfo) Kabupaten Jayapura mengikuti pelatihan operator sistem informasi buku tamu,(Sireta) secara online di Dinasnya yang dilaksanaka diaula Kominfo Kabupaten Jayapura, Rabu (6/11/2019) siang.

Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon mengatakan, terselenggaranya kegiatan ini tak lepas dari dukungan yang diberikan kepada dua pegawai dinas Kominfo dalam mengikuti Pim 3 dan 4 beberapa waktu lalu, “katanya.

Kedua pegawainya masing -masing bernama, Fred Modouw sebagai Kabid IKP dengan judul inovasinya adalah pembuatan radio streaming sementara,satu lagi bernama, Jeni Wati sebagai Kasubag umum dan kepegawaian judul inovasinya adalah, buku tamu secara online.

” Jadi mereka berdua dituntun melakukan terobosan sesuai judul inovasi didinasnya masing-masing. Kini berduanya telah menerapkan judul inovasinya seperti buku tamu online disingkat Sireta sudah bisa diakses melalui Buku Tamu Kominfokab Jayapura.co.id ,” ucapnya.

Untuk tujuannya, Ia menjelaskan, mempermudah dalam hal pengisian buku tamu secara online yang selama ini masih mengandalkan secara manual di OPD dan Distrik . ” Selama ini pengisian buku tamu masih dianggap biasa sebab belum adanya laporan pengisian buku tamu yang berkunjung di OPD bersangkutan. Dalam arti berapa jumlah pengunjung tamu yang berkunjung di intansi masing -masing. Namun melalui online semua orang bisa mengakses jumlah pengunjung setiap harinya yang tentunya dengan maksud kunjungannya tersebut,”jelasnya.

Lanjutnya, saat ini buku tamu online masih diterapkan di Dinas Kominfo mengingat masih jangka pendek sedangkan jangka menengah akan menjangkau sejumlah OPD dan tak menutup kemungkinan jangka panjang menjangkau distrik khusus yang dijadikan pilot project sebagai pusat data dan informasi,” ujarnya.

Sementara itu, Kasubag Umum dan Kepegawaian Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, Jeni Wati bahwa, meningkatkan sistem buku tamu secara online dari manual ke online sehingga memudahkan SKPD dalam menggunakannya.

” Melalui online itu juga mempercepat pencarian data yang lebih efektif yang berguna dalam penyebaran informasi,” katanya.(TOM)

Bagikan :

News Feed