oleh

Bupati Befa Harap Warga Bisa Kegiatan Padat Karya

Program Lanny Jaya Mandiri Hanya Ada Di Kabupaten Lanny Jaya

Wamena (KT) – Bupati Befa Yigibalom meminta kepada seluruh warga Masayarakat yang ada di 39 Distrik di Wilayah Kabupaten Lanny Jaya untuk melakukan kegiatan Paat Karya di tingkat Distrik dan Kamppung-Kampung.
Harapan itu disampaikan Bupati Kabupaten Lanny Jaya, Selasa (3/12/2019) ketika melakukan kunjungan kerjanya ke Distrik Gamelia sekaligus melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan menyerahkan bantuan Program Lanny Jaya Mandiri kepada warga masyarakat yang ada di Distrik Gamelia Kabupaten Lanny Jaya.

Menurutnya, kegiatan padat karya yang dapat dilakukan oleh warga masyarakat diantaranya padat karya pangan dengan melakukan pembukaan lahan perkebunan, kegiatan padat karya tentang jalan desa, padat karya tentang sosial dalam hal membersihkan lingkungan gereja dan sekolah serta perbaikan pagar halaman sekolah dan Gereja.

Jelas Bupati Befa, kegiatan padat karya harus dilakukan oleh warga masyarakat, karena kegiatan padat karya merupakan syarat bagi warga atau satu kepala keluarga untuk bisa mendapatkan bantuan 1 juta rupiah.

“Kegiatan padat karya itu syarat, karena inti dari pada itu kegiatan padat karya, karena dengan kegiatan itu maka satu kepala keluarga bisa dapatkan dana 1 juta,” kata Bupati Befa.

Bupati Befa menegaskan, untuk tahun 2020 mendatang, pemerintah Kabupaten Lanny Jaya akan lebih mempertegas terkait kegiatan padat karya yang dilakukan masyarakat di tingkat Distrik dan Kampung.

Jika ada warga yang sudah memenuhi syarat dengan melakukan kegiatan padat karya dilingkungannya, maka warga tersebut berhak menerima bantuan dari pemerintah, namun jika yang tidak melakukan kegiatan padat karya maka pemerintah tidak akan memberikan bantuan.

Karena pada intinya, pemerintah Kabupaten Lanny Jaya tidak ingin memanjakan masyarakat.
“Saya himbau kepada semua, masyarakat yang paling sejahtera di Papua dan juga Indonesia itu ada di Lanny Jaya, karena uang ada dan tahun ini sudah barang,” kata Bupati Befa.

Menurutnya, tidaklanjut Program Lanny Jaya mandiri yang telah berjalan berdasarkan searing dana dari APBD Pemerintah Kabupaten dan APBD Desa.

Bantuan dana itu layak diberikan karena masyarakat sudah melakukan kegiatan padat karya, sehingga dalam satu bulan warga masyarakat Lanny Jaya berhak menerima dana 2.100.000 dari hasil searing dana.

Kata Bupati Befa, melalui kebijakan anggaran tahun 2019, dana sebesar 1.100.00 digunakan untuk belanjakan bahan makanan kebutuhan pokok masyarakat dan sisa dana 1 juta tetap di rekening kepala keluarga penerima bantuan Program Lanny Jaya Mandiri.

Dengan dana sebesar 1.100.000, pemerintah telah membelanjakan Barang-barang dan telah diserahkan kepada masyarakat diantaranya, Susu, Sarden kaleng, Gula, Kopi, Supermi, Minyak Goreng dan juga beras.

Diakui, semua bahan kebutuhan pokok telah diserahkan kepada masyarakat yang ada di 13 Distrik di Wilayah Kabupaten Lanny Jaya dan masyarakat sangat senang serta bersukacita dengan bantuan yang diserahkan.

“Kenapa begitu, karena dari pelosok-pelosok ini mau belanja ke Wamena itu sudah tidak mungkin, untuk itu mereka sudah menerima bantuan ini mereka sangat senang,” kata Bupati Befa.

Dijelaskan, untuk penyalurannya pada 39 Distrik yang ada di Lanny Jaya, pemerintah Kabupaten memberikan kepercayaan kepada Dinas Koperasi Kabupaten untuk mendistribusikannya.

Namun dengan berjalannya waktu dan kemudahan yang dirasakan masyarakat, Program Lanny Jaya Mandiri akan dievaluasi karena hampir seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Lanny Jaya menghendaki agar Proagram Lanny Jaya Mandiri bisa ditetapkan.

Selain itu, untuk melaksanakan program ini tetap berjalan lancar, pemerintah Kabupaten Lanny Jaya menghidupkan koperasi yang ada di 39 Distrik.

“Sekarang Koperasi di 39 Distrik sudah memiliki badan hukum, sehingga nantinya Koperasi di distrik yang akan berperan melakukan pelayanan pendistribusian bantuan,” kata Bupati Befa.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Dan UKM Kabupaten Lanny Jaya, Yulian S Yanengga menjelaskan, Distrik Gamelia merupakan Distrik ke 13 yang menerima bantuan Program Lanny Jaya Mandiri dan jumlah kampung yang sudah menerima bantuan Program Lanny Jaya Mandiri sebanyak 122 Kampung.

Dijelaskan, sebanyak 5452 kepala keluarga dari 13 Distrik telah terlayani menerima bantuan Program Lanny Jaya Mandiri.

Diakui Yulian, untuk penyaluran bantuan Program Lanny Jaya Mandiri triwulan 1 dan 2 telah diterima warga yang ada di 13 Distrik, sehingga sampai saat ini masih tersisa 26 Distrik yang harus dilakukan pendistribusian.

Untuk pendistribusiannya sendiri, Yulian mengakui, akan berupaya menyelesaikan untuk 26 Distrik sebelum memasuki peryaan natal 2019 ini.

“Walaupun dinas lain libur, kita akan kejar penyaluran bantuan ini sampai tanggal 23 Desember, sekalian ini bantuan untuk warga masyarakat merayakan Natal nanti,” kata Yulian.(NP)

Bagikan :

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed