oleh

Bupati Banua Kunjungi Kampung Lanny Matuan, Warga Minta Peningkatan Jalan Dan Listrik

Wamena (KT) – Bupati Kabupaten Jayawijaya, Jhon Ricahrrd Banua, SE.M.Si melakukan kunjungan kerjanya, Jumat (6/12/2019) ke Distrik Napua tepatnya di Kampung Lani Matuan.

Dalam kunjungan kerja Bupati itu, Bupati di dampingi oleh Kepala DPMK Jayawijaya dan Kepala Dinas Perhubugan Kabupaten Jayawijaya.

Bupati Kabupaten Jayawijaya, Jhon Ricahard Banua, usai kegiatan tatap muka itu mengungkapkan, dirinya hadir ditengah masyarakat guna mendengar langsung aspirasi dan permintaan warga yang ada di Distrik dan kampung-kampung.

Bupati Banua Kunjungi Kampung Lanny Matuan, Warga Minta Peningkatan Jalan Dan Listrik

Diakuinya, pada kunjungannya ke Kampung Lani Matuan kali ini, hampir semua warga meminta agar dilakukannya peningkatan jalan dan pemasangan jaringan listirk.

Menurutnya, untuk peningkatan jalan tetap akan dilakukan dan hal itu merupakan perioritas program pemerintah Kabupaten Jayawijaya.

Sedangkan untuk jaringan listrik, Bupati Banua mengakui akan berkoordinasi dengan PLN Wamena, sehingga segera dapat ditindaklanjuti pemasangan jaringan listrik yang permanen.

“Tetap saya berkoordinasi dengan PLN agar tetap ada pembangunan jaringan listrik, karena kita lihat jaringan sudah ada, tinggal kta tambah, karena untuk sementara masyarakat menggunakan kebel dengan dana kampung,” kata Bupati Banua.

Untuk peningkatan jalan hingga pengaspalan, Bupati Banua mengakui akan dikerjakan secara bertahap dan pengerjaannya akan dilakukan dari arah bawah.

Dirinya juga beraharap kepada kepala kampung, agar dana kampung dapat digunakan untuk pembangunan jalan menuju kantor kampung.

“Seperti ada beberapa tempat, karena ada sisa jalan yang dikerjakan dengan dana kampung,” kata Bupati Banua.
Terkait Sharing dana dari Kabupaten untuk Pemerintah Kampung, Bupati mengakui bahwa ada Dana Alokasi Umum (DAU) 10 persen atau 80 Miliar dari pemerintan kabupaten yang diserahkan kepada 328 Kampung yang ada di Kabupaten Jayawijaya dan hal ini sudah ditetapkan berdasarkan undang-undang.

Untuk hal itu, pemerintah Kabupaten Jayawijaya memiliki peran dalam hal mengintervensi program pembangunan yang dilakukan di kampung, seperti pembangunan Gereja serta kegiatan program lainnya.(NP)

Bagikan :

News Feed