oleh

Bupati Harap Bapenas Perioritaskan Usulan Daerah

Wamena (KT) – Bupati Kabupaten Jayawijaya berharap agar Bapenas dapat memprioritaskan usulan yang diusulkan dari daerah oleh Bupati dan juga Gubernur.

Hal itu disampaikan Bupati Kabupaten Jayawijaya, hon Ricahard Banua, SE.M.Si, Senin (9/12/2019) disela-sela kegiatan Konsultasi Regional Wilayah Lapago di salah satu hotel di Wamena Kabupaten Jayawijaya.

Menurutnya, usulan yang disampaikan dari daerah sudah berdasarkan usulan perioritas, karena apa yang diusulakan pemerintah di daerah sudah sesuai dengan keadaan dan kebutuhan masyarakat.

Sehingga jangan lagi dirubah saat dibawah ke Jakarta, namun harus memperioritaskan yang sudah diusulkan oleh daerah.

“Kita kan punya proyek dari dana DAK yang kita usulkan dan menjadi perioritas, ternyata malah yang disetujui itu bukan yang perioritas kita, dan tadi saat sambutan itu saya sudah sampaikan ke Bapenas,” kata Bupati Kabupaten Jayawijaya.

Dirinya berharap, melalui diskusi yang dilakukan di Wamena Jayawijaya, Bapenas dapat melihat perioritas apa yang paling utama khususnya untuk keperuan di daerah.

Diakuinya, khususu Jayawijaya saat ini ada pada bidang kesehatan dan juga pendidikan serta infrastruktur jalan dan jembatan.

Sementara itu, Kepala Bapeda Provinsi Papua, Yohanis Walilo, S.Sos.M.Si menjelaskan, untuk membangun Papua sudah sesuai dengan Grand Desain yang disesuaikan dengan wilayah adat.

Diakuinya, pembangunan yang dilakukan di Papua juga disesuaikan dengan potensi-potensi yang ada di masing-masing Wilayah adat.

Diakui, hal ini dilakukan secara bertahap dan fokus dilakukan, dengan tujuan agar apa yang dibangun dan dikembangkan dapat berhasil.

“Contoh merauke, dia sudah jadi lumbung pangan untuk Indonesia Timur, itu yang kita kembangkan, dan untuk Wamena itu potensi yang harus dikembangkan itu Kopi,” kata Yohanis Walilo.

Selain pengembangan potensi yang ada di Daerah, fokus lain yang dilakukan ialah pembangunan Infrastruktur, jalan Jembatan dan telekomunikasi menjadi perioritas, baik itu di Provinsi, dan Kabupaten/kota di Papua.

Terkati rapat yang dilaksankan kali ini, tujuannya ialah untuk menjaring aspirasi dari masing-masing Wilayah adat, dan hari ini penjaringan aspirasi itu dilakukan di Wilayah adat Lapago yang dihadiri oleh Bupati sepegunungan tengah Papua.

Terkait perpanjangan Lapangan Terbang Wamena, Yohanis Walilo mengakui, terkait perpajangan lapangan terbang akan masuk dalam perencanaan Nasional, karena Jayawijaya merupakan sentral di Wiayah Lapago, sehingga tindaklanjutnya akan disampaikan oleh Bapenas kepada kementerian terkait.(NP)

Bagikan :

News Feed