oleh

Kampung Anggopi Sukses Bangun Puluhan Pondok Wisata Dengan APBK

BIAK (KT) – Puluhan pondok wisata di Kampung Anggopi Distrik sudah diresmikan, sabtu (14/12) yang lalu di Pantai Anggopi. Puluhan pondok itu dibangun dengan menggunakan APBK tahun 2019 sebesar Rp 489 juta.

“Dari 110 Pondok yg direncanakan, hari ini baru 60 pondok yang diresmikan. Sebenarnya pondok-pondok ini sudah kami bangun menggunakan anggaran tahun 1,2 dan 3. Tapi, masih ada beberapa anggaran yang harus digunakan untuk kelembagaan lainnya. Walau begitu kami tetap optimis untuk selesaikan ratusan pondok itu di tahun anggaran baru ini,”kata Kepala Kampung Anggopi, Matan Rumsawir kepada media ini, senin (16/12).

Peresmian itu ditandai dengan pengguntian pita oleh Ketua DPRD Biak Numfor, Milkha Rumaropen sebagai tanda bahwa pondok wisata itu sudah bisa digunakan oleh wisatawan domestrik dan wisatawan internasional.

Adapun 60 pondok wisata yang sudah dibangun selama 2 bulan itu, kini dikelolah oleh masyarakat lokal dan di bagi dengan metode, satu Kartu Keluarga (KK) mengelolah 1 pondok wisata. Setelah itu, pondok wisata itu dipatok harga Rp 100 ribu.

“Pondok ini kami bangun berdasarkan KK. Jadi, satu KK dapat 1 pondok. Sedangkan KK lainnya yang belum mendapat pondok, akan bernisiatif membangun pondok jualan. Semua ini kami lakukan untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) bagi masyarakat lokal yang sudah menjaga keindahan wisata pantai ini. Uang hasil pondok wisata itu untuk masyarakat lokal yang kelolah,”ungkapnya. (Des)

Bagikan :

News Feed