oleh

Tahun Ini Pemda Yahukimo Tuntaskan Persoalan Asset Daerah

JAYAPURA (KT) – Bupati Kabupaten Yahukimo, Abock Busup menegaskan tahun 2020 pemerintah daerah akan menuntaskan persoalan asset dan barang milik daerah. Hal itu terkait kerjsama pemerintah bersama KPK dan BPK dimana jumlah hutang asset milik pemerintah Yahukimo mencapai triliunan rupiah.

“ Jadi sebelum pembangian DPA, Saya sudah minta pimpinan OPD semua ada di Yahukimo, untuk kita tuntaskan dalam tahun ini, “ katanya.

Abock menguak hutang asset triunan rupiah Pemkab Yahukimo ini lantaran adanya kepala dinas tertentu yang membawa serta kendaraan dinas tanpa melunasi pajak kendaraannya. “ Ini persoalan,” katanya

Demikian juga di DPRD, sejak tahun 2014 lalu pemerintah datangkan kendaraan dinas mobil dengan motor yang hingga saat ini masih belum melunasi pajak kendaraan. “ Uang kita habis untuk bayar pajak, dan ini jadi beban pemerintah,” katanya.

Sehingga untuk tahun 2020, Abock menegaskan pemerintah akan melakukan pendataan kendaraan dinas. “jadi kita data mana yang dihibahkan, mana yang dikembalikan, jadi tahun ini harus tuntas agar kita keluar dari beban APBD kita,” katanya.

Abock juga meminta kepada pimpinan OPD termasuk DPRD yang memiliki kendaraan lebih dari satu untuk mengembalikan kendaraannya kepada pemerintah. Sebab hingga saat ini, Pemerintah Yahukimo belum ada langkah pengembalian kendaraan dinas. “ jadi inikan kita seperti tidak ada koordinasi baik, “ katanya.

Abock mengatakan kendaraan dinas Pemkab Yahukimo tersebar di beberapa tempat, mulai di Bandara, bahkan ada kendaraan dinas di Jayapura namun pengadaannya dari Pemkab Yahukimo. “ itu sudah nomor faktur, mobilnya di Jayapura, pengadaannya dari Yahukimo, dan itu kami sudah tau DS dan lainnya, dan ini akan kami tertibkan,” jelasnya sembari menegaskan bahwa Pemda telah melakukan kerjasama dengan Kejari Wamena untuk penertipannya. (TA)

Bagikan :

News Feed