oleh

63 Hotel Siap Sambut PON XX Papua

Jayapura,(KT) – Sebanyak 63 hotel berbagai kelas di Papua siap menyambut atlet-atlet, tim official, dan panitia pelaksana PON XX 2020.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Papua, Syahril Hasan mengatakan, hotel-hotel tersebut tersebar di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke dan Kabupaten Mimika.

“kami siap memberikan pelayanan terbaik termasuk menyediakan kebutuhan konsumsi atlet,official, dan panpel,” kata Syahril kepada wartawan disela-sela rapat koordinasi dengan PB PON XX Papua, Rabu (22/1/2020).

Menurutnya, jumlah hotel tersebut sudah termasuk beberapa hotel yang sedang dibangun di Kota dan Kabupaten Jayapura.

Dikatakannya, PHRI akan bersinergi dengan PB PON menyiapkan semua kebutuhan agar atlet dapat menginap sesuai dengan standar penyelenggaraan perhelatan olahraga nasional empat tahunan itu.

Syahril menjelaskan, dari 63 hotel ini tersedia 8.000 kamar, tentu jumlah kamar masih kurang karena jumlah peserta PON kurang lebih 15 ribu orang.

Namun demikian, PB PON sudah menyiapkan sejumlah tempat menginap alternatif, misalnya kapal terapung, asrama maupun rusun milik TNI/POLRI.

Dalam rapat tersebut, katanya, pihaknya sudah menyusulkan kepada PB PON untuk segera kita sepakati bersama harga kamar, kemudian, kalau bisa DP (down payment) atau uang muka dibayar satu minggu sebelum PON dan sisanya dibayar dua hari sebelum penutupan PON XX.

Syahrir mengatakan bahwa PON XX tahun 2020 akan memberikan dampak ekonomi yang cukup besar bagi Provinsi Papua.

“Paling tidak akan berdampak pada perekonomian yang dirasakan oleh sektor perdagangan dan perhotelan serta pariwisata, karena nanti yang datang ribuan atlet, official dan tamu undangan,” ujar Syahrir.

Ia juga memastikan Sumber Daya Manusia (SDM) di seluruh hotel di Papua berkualitas, sebab pihaknya memberikan pelatihan langsung kepada karyawan hotel dalam menyambut PON.

Bagikan :

News Feed