oleh

Legislator DPR RI : Taman Nasional Lorentz Harus di Zonasi

Anggota Komisi VII bidang Kehutanan DPR RI Ridwan Hisjam meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua untuk mendorong dilakukannya evaluasi zonasi Taman Nasional (TN) Lorentz, agar pembangunan bisa dilaksanakan maksimal.

“Kami berharap Pemprov Papua mengundang para perwakilannya di pusat untuk menyuarakan Zonasi TN Lorentz supaya ada peninjauan,” kata Ridwan di Jayapura, Selasa 31 Jul.i

Ridwan mengatakan, dengan kondisi masyarakat di sekitar kawasan TN Lorentz diperlukan adanya penyesuaian zona pengelolaan areal tersebut.

Ridwan  mengingatkan Pemprov Papua bahwa, kewenangan untuk mengevaluasi Undang-Undang Tata Ruang, didalamnya termasuk pengaturan zona pengelolaan TN Lorentz, harus dilakukan pemerintah pusat bersama DPR RI. “Masalah Zonasi TN Lorentz tidak bisa diselesaikan dengan Perda nkarena UU Tata Ruang dilakukan DPR RI bersama pemerintah pusat sehingga memang penyelesaiannya harus di pusat,”ujarnya.

Sebelumnya Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Pua TEA Heri Doseinanen sempat mengungkapkan salah satu permasalahan yang membuat masyarakat Distrik Agatz, Kabupaten Asmat, harus hidup di atas air adalah karena daerah mereka sudah berbatasan dengan areal TN Lorentz. “Karenanya pemerintah tidak bisa merelokasi mereka untuk hidup di tempat yang lebih layak,”ujarnya.

Sebelumnya, Balai Taman Nasional (TN) Lorentz memandang perlu adanya evaluasi terhadap zona pengelolaan TN Lorentz yang merujuk pada perkembangan pembangunan dan kondisi nyata masyarakat yang ada di sekitar kawasan tersebut. “Perlu dilakukan sebuah upaya penyesuaian terhadap peruntukan zona pengelolaan melalui mekanisme usulan revisi atas zona pengelolaannya,” papar Kepala Balai TN Lorentz, Acha A. Sokoy.

Bagikan :

News Feed