oleh

Warga Jayapura Dihimbau Waspada Beli Motor Dengan Harga Murah

JAYAPURA-Kawattimur, Masyarakat Kota Jayapura, diminta untuk lebih berhati-hati dalam membeli sepeda motor, apalagi membeli dengan harga murah, karena 99 persen, sepeda motor dengan harga murah, terindikasi adalah sepeda motor hasil curian, sebab jika kedapatan pembeli sepeda motor hasil curian bisa dikenakan pidana.

Demikian diungkapkan Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustav Urbinas kepada wartawan di Mapolsek Abepura, Senin 16 September 2018.

“Kita menghimbau kepada masyarakat, agar lebih berhati-hati dalam membeli sepeda motor, khususnya membeli dengan harga murah, sebab 99 persen ,sepeda motor yang dijual dengan harga murah adalah hasil pencurian ,” ujarnya.

Mantan Kapolres Jayapura ini menegaskan, masyarakat yang membeli sepeda motor dengan harga murah dan apabila terbukti sepeda motor tersebut, warga yang membeli bisa dikenakan sangsi pidana, karena membeli barang hasil curian atau kejahatan.

“Yang menggunakan motor curian, dengan modus membeli dengan harga mura, atau lebih murah, akan diproses hukum, dengan pasal 480, apakah dia pelajar, mahasiswa, karyawan, pegawai negeri, tidak semudah itu mendapatkan motor dengan harga murah, karena bisa dipastikan 99 persen itu motor curian, sehingga pasti terlibat tindak pidana penurian, tingal polisi tangkap dan proses saja,” ungkapnya
Lebih lanjut dijelaskan, setuap bulannya Polres Jayapura Kota mendapatkan sekitar 20 laporan polisi terkait dengan tindak pidana pencurian, dan yang paling mendominasi adalah Polsek Abepura, sehari Polsek Abepura bisa menerima 3-4 laporan Polisi tindak pidana curanmor.
“Setiap bulannya kita bisa menerima 20 laporan, dengan modus operasi, sepeda motor hasil curian biasanya di perjual belikan, setiap sepeda motor hasil curian biasanya dijual dengan harga satu sampai dua juta rupiah,” jelasnya.(al)

Bagikan :

News Feed