oleh

Cabor Anggar Optimis Berprestasi di PON

JAYAPURA Kawattimur,- Dari 24 atlet Anggar Papua yang kini dipersiapkan untuk PON. Anggar Papua juga akan diperkuat dua atlet eks Asian Games tahun 2018. Yakni Foryn Kiriwone dan Alissa.

Foryn maupun Alissa merupakan mantan atlet provinsi DKI Jakarta yang telah bergabung dengan Anggar Papua untuk persiapan PON XX kedepan.

Foryn dan Alissa telah menunjukan kapasitasnya sebagai atlet potensial dengan beberapa pencapaian medali yang telah diraih. Foryn berhasil meraih medali perak saat PON Jawa Barat, medali emas  PON remaja Surabaya, medali emas Kejurnas Kalimantan, serta meraih perunggu PON Riau. Sementara Alissa peraih medali perunggu pada PON Jawa Barat.

Alissa juga saat ini telah di Amerika Serikat untuk memperdalam pengetahuan mengenai cabang olahraga anggar. “Dia (Alissa) sedang kuliah di AS, khusus untuk cabor anggar,” ungkap Ketua Bimpres cabang olahraga Anggar, Buce Hukunala kepada awak media saat ditemui di halaman Kantor KONI Papua, Selasa (18/9) siang kemarin.
Buce juga mengatakan bahwa dari 24 atlet yang ada saat ini, baru 12 atlet telah melakukan tes fisik dan kesehatan.

“Jadi yang suadah siap untuk mengikuti TC terpusat sudah mencapai 12 atlet,” kata Buce.
Sementara itu, pelatih kepala Martina Sopacua mengatakan bahwa dirinya dalam menyiapkan atlit dalam latihan masih menemui kendala dalam peralatan latihan. Namun meskipun peralatan latihan masih minim, tetapi Martina tetap berusaha untuk mengembangkan cabang olahraga anggar di tanah Papua.

“Kita tetap latihan meskipun masih pinjam peralatan orang lain, bagaimana kita bisa memajukan anggar di Papua jika kita tidak punya peralatan latihan,” terang Martina Sopacua.

Cabang olahraga Anggar terbilang telah lama hilang dari tanah Papua, oleh karena itu Martina ingin menghidupkan kembali cabang olahraga anggar. “Anggar di Papua sudah hilang hampir 25 tahun, tetapi kami sekarang mulai menghidupkan Anggar kembali. Untuk tahun ini kita sudah mulai melihatkan prestasi, saat mengikuti Kejurnas di Jakarta beberapa bulan lalu dari 74 kontestan kita berhasil masuk peringkat 32,” kata Martina.

Martina juga menuturkan bahwa untuk mengukur potensi yang dimiliki para atletnya, Anggar Papua juga akan mengikuti Kejurnas Anggar di Jakarta pada bulan November mendatang. (get)

Bagikan :

News Feed