oleh

Pleno KPU, Eltinus Omaleng dan Johannes Rettob Pimpin Kabupaten Mimika

Jayapura, Kawattimur – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika akhirnya menetapkan Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Mimika terpilih periode  2018 – 2023 dalam Rapat Pleno Terbuka, yang digelar di salah satu hotel di Abepura, Kota Jayapura, Rabu 19 September 2018.

Penetapan ini tertuang dalam keputusan KPU Kabupaten Mimika nomor: 32/HK.03.1.Kpt/9109/KPU-KAB/IX/2018. Dengan menetapkan Eltinus Omaleng, SE, MH sebagai Bupati Mimika dan Johannes Rettob, S.Sos, MH sebagai Wakil Bupati terpilih, dengan perolehan suara sebanyak 60.513 atau 33,11 persen dari total suara sah.

Ketua KPU Provinsi Papua selaku KPU Mimika, Theodorus Kosay menyatakan penetapan ini dilakukan dengan proses panjang setelah menunggu keputusan Makamah Konstitusi yang dikeluarkan pada tanggal 17 September 2018.

Sementara, penyelenggaraan Pilkada Mimika hingga penetapan pleno diambil alih oleh KPU Provinsi Papua karena KPU Mimika sudah demisioner.

“Kami sampaikan terimakasih kepada masyarakat Mimika yang telah melaksanakan tahapan pilkada Mimika walaupun ada persoalan yang terjadi, tetapi itulah dinamika,” ungkapnya kepada wartawan.

Theodorus menyampaikan terimakasihnya kepada seluruh masyarakat Mimika dan juga para tokoh agama yang telah berpartisipasi menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif selama Pilkada. Dan juga kepada aparat keamanan baik TNI maupun Polri yang memberikan rasa aman bagi masyarakat selama proses tahapan Pilkada berlangsung.

Bupati terpilih Eltinus Omaleng menyampaikan terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat Kabupaten Mimika serta tim pemenangannya. “Apresiasi setinggi-tingginya buat KPU Papua yang telah mengambil langkah tepat dalam penetapan pleno hari ini sesuai dengan undang-undang,” terangnya.

Wakil Bupati Mimika terpilih, Johannes Rettop mengharapkan kepada semua pihak, agar perbedaan yang terjadi selama ini di Timika segera dihilangkan, lalu melebur menjadi satu demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat. “Mari bergandengan tangan membangun Mimika yang cerdas, mandiri dan sejahtera,” ucapnya. (ara)

Bagikan :

News Feed