oleh

Oksibil Papua Dikabarkan Rusuh, Sejumlah Warga Terluka

Jayapura-Kawattimur, Oksibil ibukita Kabupaten Pegunungan Bintang Papua dikabarkan rusuh akibat bentrok 2 kelompok masyarakat, Selasa 2 Oktober. Sejumlah warga yang terlibat bentrok mengalami luka-luka dan rumah penduduk juga dibakar.

Dari data yang berhasil dihimpun, bentrok bermula ketika tim 9 tiba di Bandara Oksibil. Tim 9 adalah tim yang dibentuk untuk menuntaskan mosi tak percaya masyarakat Pegunungan Bintang terhadap Bupati Costan Obtemka, pasca hak angket DPRD setempat yang menonaktifkan bupati.

Saat tiba, warga menyambut kedatangan mereka di Apron bandara Oksibil. Namun tiba-tiba ada yang memanah ke arah kerumunan massa. Kontan hal itu membuat warga panik dan marah dengan melampiaskannya balik menyerang kelompok warga lain yang diduga memanah. Situasi lantas tak terkendali. Ada massa yang membakar rumah. Akibatnyabada warga dan anggota Kepolisian yang terluka. Hingga kini situasi mencekam dan masyarakat banyak yang mengungsi ke markas Koramil.

Juru Bicara Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal saat dikonfirmasi membenarkan adanya peristiwa tersebut. “Benar, ada kejadian di Oksibil tapi data lengkapnya belm kami terima, sabar ya lagi koordinasi kesana,”singkatnya.

Juru Bicara Kodam XVII Cenderawasih Kolonel Muhamad Aidi mengatakan, pasca kerusuhan itu ratusan warga kini mengungsi di Markas Koramil setempat.
“Pengungsi ditampung di koramil sekitar 350, dilayani oleh para anggota Koramil membenarkan adanya Kejadian tersebut,”ungkapnya. (ba)

Dikirim dari iPhone saya

Bagikan :

News Feed