oleh

Kapolda Hadiri Pencanangan Zona Integritas Polres Merauke

Jayapura – Kawattimur, Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Martuani Sormin, M.Si bersama beberapa pejabat utama Mapolda Papua hadiri acara Pencanangan Zona Integritas Polres Merauke menuju WBK dan WBBM serta Tatap Muka dengan Forkopimda dan para tokoh Kabupaten Merauke, Sabtu 6 Oktober.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Danrem 174 Atw Brigjen TNI R.A. Abdurrauf, Bupati Merauke Frederikus Gebze, Wadanlantamal XI Merauke Kol. Laut (P) Jatmiko Hariyono, para pejabat utama Mapolda Papua, Forkopimda dan para tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat Kabupaten Merauke.

Kegiatan yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan sambutan Kapolres Merauke AKBP Bahara Marpaung, SH, Menghaturkan selamat datang Kapolda Papua bersama rombongan di Kabupaten Merauke dengan Motto Daerah Izakod Bekai Izakod Kai, satu hati satu tujuan. Polres Merauke adalah salah satu Polres di Polda Papua yang ditunjuk dan diberi kepercayaan untuk melaksanakan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM sehingga diharapkan dapat mewujudkan Pelayanan kepada masyarakat yang optimal bebas dari praktek KKN.

Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Martuani Sormin, M.Si

Dilanjutkan sambutan Ketua LSM Yasanto Merauke Ir. Leonardus Mahuze, Menyikapi masalah miras khususnya miras Lokal di Kabupaten Merauke perlu untuk diambil Tindakan Tegas dan menimbulkan Efek Jera kepada para pelaku sesuai UU / Perda yang ada. Dalam menjaga sitkamtibmas di lingkungan masyarakat kabupaten Merauke perlu kembali di galakkan program Pos Kamling di lingkungan masyarakat. Kepada Polres Merauke diharapkan dapat menempatkan kembali Pos Yanmor Polri di titik – titik yang di anggap rawan gangguan kamtibmas.

Sambutan Bupati Merauke, Mengucapkan selamat datang kepada Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Martuani Sormin, MSi di bumi Anim Ha Merauke, Pemberantasan dan penertiban miras yang ada di Kabupaten Merauke khususnya miras lokal diakui belum optimal sebagai akibat dari birokrasi yang ada meskipun Perda Miras Kabupaten Merauke sudah ada. Mengakui masih rendahnya SDM masyarakat di Kabupaten Merauke khususnya yang ada di distrik pedalaman relatif masih rendah akibat faktor pendidikan yang rendah. Dan hal yang telah saya sebutkan tadi merupakan tanggungjawab kita bersama sehingga kami meminta kerjasama antar semua elemen dalam melakukan langkah-langkah agar kedepan Kabupaten ini akan lebih baik dan dapat bersaing dengan daerah lainnya.

Sambutan Kapolda Papua, masalah miras dapat dikatakan merupakan masalah di semua daerah sehingga peran para tokoh agama, tokoh masyarakat untuk berani bicara tegas menolak Konsumsi Miras kepada umatnya pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Sehingga masyarakat dapat mengerti dan tidak mengkonsumsinya. Saya tegaskan kepada oknum anggota Polri di jajaran Polda Papua yang terlibat Narkoba diperintahkan tembak di tempat, karena barang haram tersebut akan merusak generasi muda bangsa sehingga Polri serius menangani hal tersebut dan saya minta kepada siapa saja untuk tidak mencoba-coba.

Penetapan Zona Integritas bebas KKN adalah sebuah beban besar yang harus dilaksanakan dan harus di mulai sejak dini dari diri pribadi anggota Kepolisian sebagai Pelayanan, Pelindung, Pengayom masyarakat serta penegak hukum. Terkait Rekruitmen personil Polri di jajaran Polda Papua telah diambil kebijakan dengan skala prioritas 70 % khusus putra daerah papua dan 30 % untuk putra pendatang dan saya telah meminta kepada jajaran untuk mempersiapakn potensi anak daerah untuk dapat mempersiapkan diri dalam seleksi penerimaan polri.

Terkait pelaksanaan Pilleg dan Pilpres 2019 kami selaku aparat keamanan menghimbau kepada penyelenggara pemilu yakni KPU dan Bawaslu untuk berperan aktif dengan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pelaksanaannya dan menjaga keamanan selama tahapan pelaksanaan karena merupakan tanggungjawab kita bersama.

Kepada para Tomas, Todat, Toga dapat berperan sebagai penyejuk situasi di masyarakat dan kepada kita semua untuk tidak menjadi penyebar Berita Bohong atau HOAX yang dapat merugikan semua pihak bahkan menciptakan situasi yang tidak kondusif di masyarakat bangsa dan negara. Masalah yang khas terjadi di Papua dapat digolongkan menjadi 4 golongan yakni : Miras, KDRT, Narkoba dan HIV AIDS. Mari kita bersama-sama bergandengan tangan dalam menjaga dan saling mendukung demi terciptanya Papua yang aman dan damai.

Mengakhiri sambutan Kapolda Papua membuka Launching Zona Integritas Polres Merauke menuju WBK dan WBBM ditandai dengan Pemukulan Tifa dan dilanjutkan dengan penandatanganan Fakta Integritas oleh para Kabag, Kasat dan Kapolsek jajaran Polres Merauke yang disaksikan langsung oleh Kapolda Papua.

Bagikan :

News Feed