oleh

Peduli Bencana Palu, Pemerintah Papua Bantu Rp 4 Miliar

Jakarta – Kawattimur, Pemerintah Provinsi Papua segera menyerahkan uang tunai 4 miliar rupiah untuk membantu korban gempa dan tsunami di Kota Palu dan Donggal, Sulawesi Tengah.

“Jadi, kami sudah sampaikan langsung ke Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo saat pertemuan bersama di Istana Bogor, Jawa Barat bahwa segera kami serahkan bantuan korban gempa dan tsunami Palu – Donggala, Sulawesi Tengah,” kata Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP.,MH saat ditemui wartawan di Istana Bogor, Jumat (5/10//2018).

Menurut Enembe, bantuan ini korban gempa Palu – Donggal ini merupakan dana sharing dari Pemerintah Provinsi dan 29 Kabupaten/Kota se – Papua. “Dana ini nanti langsung disalurkan ke Palu – Donggala,” ujar Enembe.

Pemerintah Provinsi Papua turut belasungkawa atas peristiwa yang terjadi di Palu. “Kita berharap kedepan pemerintah daerah juga siap menghadapi, bika terjadi bencana di wilayah lain,” katanya.

Dikatakan, gempa bumi berkekuatan 7,4 magnitudo terjadi pada Jumat (28/9) lalu, menyebabkan korban tewas sebanyak 1.571 orang.

“Potensi gempa seperti ini hampir terjadi di daerah lain sehingga ini memang keprihatinan Pemprov memberi sumbangan kepada peristiwa yang sudah terjadi,” jelasnya.

Selain itu, kata Lukas, pertemuan para kepala daerah di Provinsi Papua bersama Presiden Jokowi membahas sejumlah agenda salah satunya terkait penerimaan formasi CPNS 2018 di Papua serta persiapan Papua menjadi tuan rumah PON XX tahun 2020.

Diketahui, bencana gempa dan tsunami yang menerjang sejumlah wilayah di Sulawesi Tengah telah menewaskan ribuan orang sampai memasuki hari ke-6 (Kamis) jumlah korban jiwa telah mencapai 1.558 orang.

Ribuan bangunan hancur termasuk sejumlah infrastruktur yang dibangun pemerintah seperti Jembatan Kuning, Bandara MJ, Tower ATC, Terminal Retak, ada juga Hotel Roa roa, Hotel De Syah dan Mall Tatura, lalu infrastruktur jalan di 12 titik. (bm)

Bagikan :

News Feed