oleh

Bentrok Warga di Tolikara 1 Tewas, Akhirnya Damai

Jayapura, Kawattimur – Pertikaian antar dua kelompok warga di Distrik Umagi Kabupaten Tolikara yang terjadi pada Selasa (1/10) kemarin, akhirnya dapat diselesaikan dengan damai, setelah kedua pihak bertikai mengambil jalur kekeluargaan. Hal ini diungkapkan Kapolda Papua Inspektur Jenderal Pol Martuani Sormin disela kunjungan kerjanya di Markas Kodam XVII Cenderawasih Kota Jayapura, Rabu 10 Oktober 2018.

“Pertikaian di Tolikara itu sebenarnya akibat kasus perselingkuhan. Setelah kejadian sudah dikenakan denda adat. Namun pada saat pembayaran, keluarga si pelaku itu membawa peralatan perang berupa panah dan parang. Akhirnya keluarga korban (perempuan) itu marah. Namun itu sudah diselesaikan secara kekeluargaan dan akan dilanjutkan dengan perdamaian,” jelas Martuani kepada sejumlah wartawan, Rabu pagi.

Diketahui sebelumnya, pertikaian yang berbuntut jatuhnya seorang korban jiwa dan 10 orang luka cukup serius ini terjadi pada Selasa pagi. Bentrok tersebut dapat dihentikan setelah anggota dari Polres Tolikara mendatangi lokasi bentrok dan melerai kedua belah pihak yang bertikai.

Anggota kepolisian yang dipimpin Kabag Ops Polres Tolikara dan di Backup BKO Brimob melakukan mediasi dan menyepakati akan dilakukan pertemuan lanjutan untuk penyelesaikan masalah pembayaran adat tersebut. Direncanakan hari ini, Rabu 10 Oktober, dilakukan pertemuan antara kedua pihak bertikai oleh Polres Tolikara dan juga pemerintah serta tokoh agama dan masyarakat setempat.

Sementara hingga saat ini polisi masih berjaga-jaga untuk mengantisipasi bentrok susulan. Selain itu juga warga yang dinyatakan meninggal dunia pasca pertikaian langsung disemayamkan oleh pihak keluarga dari kelompoknya dengan cara membakar (kremasi) jasad korban.

“Sedangkan empat dari 10 warga yang mengalami luka akibat bentrok tersebut, dirawat di puskesmas. Dan 6 orang lainnya dirujuk ke Rumah Sakit di Tolikara,” terang Kabid Humas Polda Kombes Ahmad Musthofa Kamal, Rabu siang secara terpisah. (Ara)

Bagikan :

News Feed