oleh

Bantu Pasien TB, Dinkes Launching Aplikasi SITRUST

Wamena Kawat Timur, – Guna memberikan kemudahan dalam memberikan pelayanan kepada penderita TB di Seluruh Wilayah Kabupaten Jayawijaya, Dinas Kesehatan Kabupaten Jayawijaya telah melaunching Aplikasi Sistem Informasi Treking Untuk Spesiment Transport (SITRUST).

Kegiatan Launching Aplikasi Sistim Informasi Treking Untuk Spesiment Transport (SITRUST) dilakukan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayawijaya dr. Willy Mambieuw, Senin (11/3/2019) di hotel Grand Sartika Wamena Kabupaten Jayawijaya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayawijaya, dr. Willy Mambieuw menjelaskan, apliasi SITRUST yang baru saja dilaunching tentunya akan digunakan di Wilayah pelayanan dinas pendidikan Kabupaten Jayawijaya dalam upaya memberikan kemudahan kepada penderita penyakit TB dan semuanya akan dipermudah hanya dengan menggunakan Handphone atau dengan SMS.

Menurut dr. Willy, sistim pengiriman dahak untuk pemeriksaan TB untuk wilayah Papua baru diterapkan di 3 Kabupaten diantaranya, Jayapura Timika dan Kabupaten Jayawijaya.

Menurutnya, fungsi aplikasi ini ialah untuk mengirim specimen secara cepat ke tempat pemeriksaan, walaupun memang di Kabupaten Jayawijaya sistim seperti ini baru ada di RSUD Wamena dan Puskesmas Wamena Kota.

Dijelaskan, kegiatan Launching aplikasi ini diikuti oleh peserta dari tingkat Puskesmas yang belum ada sistim aplikasinya, dengan harapan agar mereka nantinya dalam memanangani masalah TB dapat mengirim spesimennya ke Puskesmas Wamena Kota atau RSUD.

Untuk pengawasan dan control terhadap penderita TB, jelas dr. Willy, pihaknya akan berpatokan pada data pasien, ini berarti melalui apliasi yang baru saja di lounching secara otomatis data pasien sudah bias diterima melalui Handphone atau pesan singkat (SMS).

“Kita mengarak kepada pengiriman dengan apliakasi internet, Cuma karena jaringan agak sedikit masalah, jadi kami dengan sms, jadi pasien akan tetap terkontrol,” kata dr. Willy.

Dijelaskan, peserta kegiatan terdiri dari 6 puskesmas, Kantor Pos, Klinik Kalvari, RSUD, Jalins TB.(NP)

Bagikan :

News Feed